Optimalkan Potensi Pariwisata Lokal, Disbudpar Kota Tangerang Sosialisasi Kampung Tematik Berbasis Wisata

Avatar

Tangerang7.com, Tangerang – Dalam upaya mengoptimalkan potensi pariwisata lokal, Disbudpar Kota Tangerang melakukan sosialisasi Kampung Tematik Berbasis Wisata. Sosialisasi dilakukan selama 2 hari (24-25 Mei 2023) yang berlangsung di Gedung Seni dan Budaya Kota Tangerang.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Rizal Ridolloh, menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk mereaktivasi kembali sekaligus mendorong terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di kampung-kampung tematik yang ada di Kota Tangerang.

Karena dengan terbentuknya  Pokdarwis, dapat meningkatkan partisipasi, sinergitas, dan iklim yang positif dalam memperkenalkan, melestarikan, dan memanfaatkan potensi daya tarik wisata yang ada di Kota Tangerang..

Pasalnya, Kota Tangerang banyak memilki potensi wisata lokal yang berpeluang untuk dikembangkan lebih lanjut, mulai dari urbantourism, heritagetourism, ecotourism, studytourism, factorytoursm, dsb.

“Lewat sosialisasi ini, selain memberikan berbagai materi yang bermanfaat untuk pengembangan wisata lokal, kita juga sekaligus sedang menginvetarisasi beberapa kampung tematik untuk kita kaji perkembangannya, dan digiatkan, agar dapat bangkit lagi untuk meningkatkan pariwisata lokal di Kota Tangerang,” kata Rizal, Rabu, (24/5/2023).

Selain itu, dengan terbentuknya Pokdarwis juga menjadi bukti peran aktif Disbudpar Kota Tanngerang dalam mendukung kolektivitas masyarakat dalam mengembangkan potensi wisata loka

Dan selanjutnya, setelah proses sosialiasi dilakukan, Disbudpar Kota Tangerang akan terus memberikan dukungan dalam berbagai bentuk lainnya,” kata Rizal.

Peran aktif Disbudpar Kota Tangerang dalam mengembangkan ini, dilakukan denga Berbagai hal yang tentunya telah disiapkan, seperti sharing session dengan pegiat kampung tematik, menghadirkan praktisi wisata berkompeten, dan akademisi untuk mematangkan kapasitas potensi yang ada.

Disbudpar kota Tangerang juga akan mendukung dalam bentuk sarana prasarana, pelatihan sumber daya manusia, promosi, dan kebijakan-kebijakan strategis untuk perkembangan kampung tematik berbasis wisata.

Juga, dorongan terbentuknya Pokdarwis dan ditambah juga perintis Ecowisata Kampung Keranggan, salah satu desa wisata terbaik di Indonesia, dinilai dapat menjadi pemantik untuk meningkatkan jumlah kunjungan, pendapatan pariwisata, dan pertumbuhan ekonomi lokal di Kota Tangerang kedepannya.

“Jadi memang potensi wisata di Kota Tangerang ini sangat luar biasa. Tercatat, terdapat puluhan sampai ratusan kampung tematik, sumber daya manusia yang berkualitas, daya kreativitas yang besar, sehingga potensi yang luar biasa ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan Kota Tangerang sebagai kota wisata” Tandas Rizal.

Sosialisai diisi narasumber dari akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) sekaligus perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Mira Maulani Utami, dan perintis Ecowisata Kampung Keranggan, Alwani. (did)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *