VARIANT OMICRON

Tangerang7.com, RedaksiGejala Omicron tidak separah varian Delta, tapi bagi lanjut usia dan orang yang belum divaksin serta memiliki komorbid, tetap berpotensi yang parah hingga kematian.

Bagi sebagian orang Omicron memicu gejala ringan mirip flu biasa, namun bisa berbahaya bagi kelompok rentan.

Jangan dianggap remeh, mari kenali gejala utama Omicron dan langkah penanganan yang tepat untuk meminimalisir risiko keparahan dan kematian akibat infeksi Covid-19.

Gejala Omicron secara umum apabila seseorang mengalami demam, batuk, flu, dan sakit tenggorokan.

Apabila mengalami gejala seperti tersebut, lakukan tes PCR/Swab Antigen (jika hasil tes positif tidak perlu khawatir).

Jika hasil tes menunjukan gejala sedang, berat, dan kritis segera ke rumah sakit. Namun jika tanpa gejala atau gejala ringan, cukup isolasi mandiri (isoman) di rumah atau isolasi terpusat.

Bagi yang berusia di atas 45 tahun dan memiliki komorbid, segera hubungi fasilitas kesehatan. Dokter pemeriksa akan menentukan apakah perlu dirawat di rumah sakit atau dapat dirujuk ke karantina/isolasi terpusat.

Terkait isoman di rumah, yang perlu diperhatikan adalah isoman dilakukan selama 10 hari sejak waktu pengambilan swab dan usia pasien isoman maksimal 45 tahun dan tidak memiliki komorbid.

Selain itu dipantau petugas kesehatan (melalui telemedisin atau puskesmas terdekat).

Rumah untuk isoman harus memiliki kamar atau lantai terpisah, dengan ventilasi dan pencahayaan yang baik. Kamar mandi dalam rumah pasien terpisah dengan penghuni lain.

Menyiapkan alat pengukur kadar oksigen (pulse oximeter) mandiri dan etap memakai masker saat keluar kamar.

Terakhir, berkomitmen untuk isoman sampai selesai. (t7)