Tangerang7.com, Sukamulya – Pemerintah Kabupaten Tangerang bersama PT PLN (Persero) Unit Induk Daerah Banten (UID) Banten meresmikan Kawasan Eduwisata Melon di Desa Kaliasin, Kecamatan Sukamulya, yang diinisiasi anak-anak muda yang tergabung dalam Kelompok  Petani Milenial Lentera Panameng.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Asep Jatnika mengatakan, eduwisata melon ini menjadi modal penting untuk mewujudkan stabilitas pangan.

“Karena saat ini kita ada di tengah-tengah kondisi cuaca yang sulit diprediksi dan tantangan sosial ekonomi yang dituntut untuk cepat, kreatif, inovatif dan produktif sebagai akibat dampak dari wabah COVID-19,” ujar Asep, Jumat malam (23/9/2022).

Dia mengapresiasi kepada segenap jajaran Kelompok Tani Muda Lentera Panameng dan semua pihak yang telah memprakarsai kegiatan ini, mudah-mudahan dengan eksistensi program ini dapat terus memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat.

“Ini bisa memberikan banyak manfaat ilmu bagi masyarakat Kabupaten Tangerang khususnya di wilayah Kecamatan Sukamulya, agar bisa menjadi sinyalemen positif kepada seluruh lapisan elemen masyarakat untuk bisa secara mandiri dan bersama-sama menjawab tantangan sosial dengan melakukan budidaya serupa,” jelasnya.

Diketahui, sektor pangan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk memenuhi hak asasi setiap orang. Oleh karenanya, sektor pangan aman dan bermutu menjadi syarat yang harus dipenuhi oleh siapapun yang bertanggung jawab dalam kegiatan sejak di lahan budidaya hingga dikonsumsi (from farm to table). (kam)