Tangerang7.com, Tangerang – Guna menekan angka pengangguran di Kota Tangerang lewat virtual job fair bulanan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan menggelar Virtual Job Fair edisi Desember, melalui siaran live di channel youtube Kota Tangerang, Selasa (20/12/22).
Virtual Job Fair edisi Desember ini, Disnaker membuka 1.367 lowongan pekerjaan, dengan 62 formasi jabatan dari 15 perusahaan yang terlibat. Pencari kerja pun mengakses dan mengapply lamaran melalui aplikasi Tangerang LIVE lewat fitur Ketenagakerjaan dan Cakap Kerja.
“Alhamdulillah, Virtual Job Fair bulanan yang sudah digelar sebanyak 28 kali, mampu menyerap 14.163 tenaga kerja baru. Dengan itu, sederet program baru pun disiapkan Disnaker untuk 2023 lebih menekan angka pengangguran di Kota Tangerang,” ungkap Ujang Hendra Gunawan, Kepala Disnaker.
Ia pun menjelaskan, di 2023 Disnaker akan  memiliki mobil training, yang siap belusukan ke pemukiman. Melakukan pelatihan langsung ke masyarakat, untuk meningkatkan kompetensi diri, sehingga siap bekerja di perusahaan atau membuka usaha sendiri.
“Selain itu, 2023 Disnaker juga akan menggelar Gebyar Pencari Kerja atau job fair offline. Dipastikan akan banyak perusahaan yang terlibat, tak hanya melamar di lokasi, pencari kerja juga dapat walk in interview di lokasi job fair offline tersebut,” jelas Ujang.
Disamping itu, untuk 2023 Disnaker Kota Tangerang juga telah bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Forum Komunikasi Personalia Tangerang (FKPT) untuk proses pencarian pegawai melalui Disnaker.
“Dalam hal ini, sudah ada tiga perusahaan yang siap bekerjasama. Jika perusahan tersebut membuka divisi baru, membutuhkan pegawai dengan kategori tertentu. Disnaker akan langsung melakukan pelatihan terhadap pencari kerja sesuai dengan kategori atau keahlian yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Sehingga, langsung terarah dan tepat sasaran atau tertarget,” papar Ujang.
Ia pun mengimbau, bagi seluruh masyarakat Kota Tangerang khususnya para pencari kerja, untuk tidak bosan-bosan melihat sederet sosial media Pemkot Tangerang khususnya instagram @disnaker_kotatangerang.
“Semua informasi terus dipublikasikan lewat instagram tersebut. Jangan dilewatkan setiap kesempatan yang dihadirkan melalui program job fair maupun trobosan program Disnaker lainnya,” imbaunya. (kam)