Rapat Paripurna HUT ke-15 Tangsel, Benyamin Paparkan Prestasi dan Capaian Keberhasilan

Avatar
Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin davnie.

Tangerang7.com, Setu – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ditandai dengan terselenggaranya Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Tangsel, pada Minggu (26/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Benyamin menyampaikan berbagai keberhasilan dan capaian prestasi yang telah diraih selama tahun 2023. Mulai dari pertumbuhan ekonomi hingga berbagai pembangunan yang diperuntukkan bagi masyarakat Kota Tangsel.

“Dalam konteks perekonomian dengan indikator laju pertumbuhan ekonomi tercatat terus meningkat dengan angka pada Triwulan II tahun 2023 sebesar 5,82 yang ditunjang dengan meningkatnya investor berdasarkan data investasi PMA dan PMDN yang meningkat dari 4,65 triliun menjadi 5,97 triliun pada Triwulan III tahun 2023,” paparnya.

Dari sisi pembangunan manusia, terjadi kenaikan dari 81,60 menjadi 81,95. Di mana capaian tersebut didukung oleh meningkatnya angka rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, angka harapan hidup dan pendapatan perkapita per tahun.

“Dalam konteks pendidikan, indikator angka partisipasi sekolah usia 7-12 tahun tercatat pada angka 99.72 persen, sementara pada usia 13-15 tahun tercatat di angka 98,26 persen,” terang Benyamin.

Menurutnya, pendidikan adalah isu strategis yang harus terus didorong agar capainnya menjadi 100 persen. Karena itu, penting dilakukan dalam kaitannya kolaborasi bersama Provinsi Banten agar capaian angka partisipasi sekolah untuk usia 15-18 tahun mencapai lebih dari 90 persen.

Bahkan dalam konteks ketenagakerjaan, indikator tingkat pengangguran terbuka tercatat pada angka 5,81 persen dan angka sebelumnya yakni 6,59 persen. Terhadap capaian ini tentunya akan terus ditingkatkan sehingga rasio penduduk yang bekerja dapat mencapai angka di atas 95 persen.

“Dalam perjalanan penataan dan pengembangan kota, tentunya tidak terlepas dari berbagai hambatan dan kendala. Namun, dengan dukungan dari seluruh pihak berbagai program pembangunan juga telah kami realisasikan,” ungkap Benyamin.

Mulai dari pembangunan prasarana sekolah sebanyak lima unit, yang terdiri dari tiga sekolah menengah pertama (SMP) dan dua unit sekolah dasar (SD). Meningkatkan kualitas prasarana sekolah sebanyak 103 unit yang terdiri dari 95 unit SD dan 8 unit SMP.

Lalu memberikan bantuan biaya pendidikan kepada 1.000 siswa SD, 2.658 siswa SMP bagi orang tuanya yang tidak mampu. Belum lagi, bantuan diberikan kepada 3.120 siswa untuk dapat melanjutkan sekolah di SMP Swasta.

“Memberikan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) kepada 77.852 siswa Sekolah Dasar dan 24.584 siswa Sekolah Menengah Pertama,” ucap Benyamin.

Tak hanya di bidang pendidikan, pelayanan kesehatan juga terus ditingkatkan oleh Pemerintah Kota Tangsel. Melalui program Ngider Sehat dengan jumlah armada sebanyak 54 tim yang terdiri dari satu orang perawat dan satu orang bidan dalam tim.

“Kami juga meningkatkan kompetensi SDM komunikasi dan informatika melalui program Digital Talent Scholarship yang bekerja sama dengan Kemenkominfo dari tahun 2022 hingga 2024 dengan target 17.500 orang,” kata Benyamin.

Lanjutnya, konektivitas dan aksesibilitas infrastruktur transportasi juga terus dilakukan. Di mana, meningkatkan kualitas jalan kota sepanjang 11,88 km

“Jalur pedestarian sepanjang 1.882 m yang terdiri dari tiga ruas jalan. Lalu drainase kota yang terintegrasi. Jalan lingkungan sepanjang 98,83 km hingga mengurai titik kemacetan dari total 37 titik telah tertangani sebanyak 16 titik kemacetan dengan manajemen rekayasa lalu lintas termasuk sistem satu arah,” katanya.

Dalam upaya menunjang perwujudan sebagai kota layak huni, Pemkot Tangsel juga melakukan perbaikan rumah tak layak huni menjadi layak sebanyak 395 rumah. Ditambah dengan memberikan sanitasi layak kepada 1800 rumah tangga dalam upaya menurunkan angka buang air besar terbuka.

“Seiring dengan itu semua, kami juga membangun satu kawasan perkantoran baru di Jalan Promoter yang akan digunakan 6 perangkat daerah termasuk P2TP2A,” ungkap Benyamin.

Selain itu, Pemkot juga akan membangun tempat berinteraksi masyarakat berupa community center di Kecamatan Pondok Aren. Di Serpong Utara berupa pembangunan Taman Roda Link Villa Melati Mas.

“Dilanjutkan dengan penataan Taman Perumahan Bukit Serpong Mas, penataan Taman Perdamaian, peningkatan fasilitas Taman Kota 1,” ujarnya.

Bahkan, pada program Tangsel Terang telah dilakukan pemasangan sebanyak 7.041 titik Penerangan Jalan Umum (PJU) yang tersebar di 7 kecamatan. Ditambah penanganan masalah banjir yang dilakukan.

“Awalnya ada 38 titik, telah dilakukan penanganan sehingga tersisa 8 titik yang belum tertangani. Pada tahun ini ditangani 11 titik dengan pembangunan turap sepanjang 10.959 m dan pembangunan tandon atau kolam retensi sebanyak 6 titik. Serta, pembangunan dan pemeliharaan drainase kota dan lingkungan sepanjang 90,64 km,” beber Benyamin.

Dari sisi perwujudan meningkatnya perekenomian dan daya saing ekonomi daerah, Pemkot juga telah melakukan dengan memberikan anggaran sebesar 32,4 miliar untuk peningkatan kualitas lingkungan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

“Lalu program padat karya, meningkatkan kompetensi tenaga kerja pariwisata, dan para pelaku ekonomi kreatif memiliki sertifikat dari lembaga sertifikasi. Dan memberikan kenyamanan dengan memfasilitasi penerbitan sertifikat halal terhadap produk komersial, serta program RW Mandiri Tahan Pangan (Mantap) yang telah diujicobakan di 14 lokasi, dan 4 lokasi telah melakukan panen,” ucap Benyamin.

“Kami juga memberikan akses kemudahan WiFi gratis di fasilitas publik untuk masyarakat dengan jumlah keseluruhan 1000 titik termasuk penambahan 343 titik pada tahun 2023,” tambahnya.

Seiring dengan capaian keberhasilan dan berbagai program yang dilakukan. Belasan prestasi membanggakan juga diraih Pemkot Tangsel pada tahun 2023.

Dalam lingkup keuangan, Pemkot Tangsel kembali meraih Opini WTP ke-11 dari BPK RI. Lalu, Treasury Award untuk satuan kerja dan Pemerintah Daerah terbaik tahun 2022 dari Kanwil DJP Provinsi Banten dan penghargaan terbaik kedua pengelolaan keuangan dan aset daerah kabupaten/kota dari Pemprov Banten.

“Kita juga meraih penghargaan Universitas Health Coverage dari Kementerian Kesehatan. Serta memperoleh penghargaan implementasi NSPK Manajemen ASN terbaik dan Capaian pengembangan kompetensi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), ditambah penghargaan khusus kategori ketaatan NSPK Manajemen ASN bernilai sangat baik,” ujarnya.

Pemkot juga mendapatkan penghargaan Karya Bakti Satpol PP dari Kementerian Dalam Negeri. Lalu kembali meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak dan meraih Badan Publik Informatif peringkat pertama se-Provinsi Banten.

“Ditambah pula penghargaan daerah peduli pelayanan publik dan daerah tertib ukur dari Kemendag RI,” ucapnya.

Bagi Benyamin, berbagai keberhasil tersebut berkat kolaborasi yang dibangun sangat luar biasa di Tangsel. Oleh karenanya ia mengajak untuk terus menjaga keharmonisan, sinergitas dan kebersamaan dalam menyukseskan berbagai program untuk kemajuan Kota Tangsel dan kesejahteraan masyarakatnya.

“Sekali lagi, hal ini merupakan hasil kolaborasi yang harus dijaga untuk keberlanjutan pembangunan menuju Tangerang Selatan yang cerdas, modern, religius dalam kerangka kesejahteraan,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *