Tangerang7.com, Tangerang – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Tangerang siap meraih prestasi maksimal pada ajang Porprov VI Banten 2022.
Ketua Pengcab FPTI Kota Tangerang Tengku Iwan Jayasyahputra mengatakan, cabor panjat tebing Kota Tangerang memang seringkali menyumbang perolehan medali emas pada ajang Porprov.
“Seperti halnya pada Porprov Banten 2018 di Kabupaten Tangerang, sedikitnya 60 persen dari keseluruhan medali emas kita raih,” ujarnya.
FPTI Kota Tangerang sudah menyiapkan 25 atlet yang akan berlaga pada 28 nomor pertandingan panjat tebing nanti.
“Untuk persiapan maksimal atlet-atlet kami berlatih seminggu 5 kali di Lapangan Ahmd Yani,” tambah Tengku Iwan.
Adapun kategori yang diperlombakan diantaranya lead climbing, boulder, speed record, dan speed classic.
Informasi diperoleh lead climbing merupakan teknik memanjat jalur pemanjatan dimana pemanjat pertama memasang peralatan pengaman dan diamankan oleh seorang pengaman (belayer) dari bawah.
Sementara boulder adalah memanjat tebing ataupun dinding yang relatif tidak terlalu tinggi, dengan ketinggian antara 2-5 meter tanpa menggunakan pengaman tali ataupun harness yang ada hanya matras yang diletakkan dibawah untuk mengantisipasi jatuhnya pemanjat.
Sedangkan speed climbing adalah salah satu kategori perlombaan dimana dua pemanjat beradu cepat untuk mencapai top dengan tali yang sudah terpasang pada anchor. (kam)