Tangerang7.com, Tangerang –  Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten tahun 2022, usai. Tuan rumah, Kota Tangerang berhasil mempertahankan klasemen puncak perolehan medali hingga hari terakhir pertandingan. Juara umum pun diraih.

Sampai hari penutupan Porprov VI Banten yang berlangsung di Stadion Benteng Reborn, Selasa (29/11/22), Kota Tangerang kokoh bertahan di klasemen teratas dari tujuh kabupaten lainnya. Kota Tangerang tercatat mendapat 638 medali. Terinci, 257 medali emas, 204 medali perak, dan 177 medali perunggu.

Peringkat kedua ditempati Kabupaten Tangerang dengan raihan 485 medali, yaitu 167 emas, 150 perak dan 168 perunggu. Sementara posisi ketiga ditempati Kota Tangerang Selatan dengan 379 medali, yaitu 99 emas, 119 perak dan 161 perunggu.

Stadion Benteng Reborn pun menjadi saksi atas kemenangan Kota Tangerang pada ajang olahraga terbesar di Provinsi Banten. Penyerahan piala Juara Umum Porprov VI Banten, pada penutupan yang berlangsung di Stadion Benteng Reborn langsung diserahkan oleh Sekda Provinsi Banten M Tranggono didampingi Ketua Koni Banten Edi Ariadi.

Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang mengungkapkan, keberhasilan Kota Tangerang meraih juara umum Provinsi Banten merupakan buah dari perjuangan panjang dan upaya keras KONI Kota Tangerang bersama para atlet, pelatih dan official.

Terlebih, didukung penuh dengan seluruh OPD di Pemkot Tangerang melalui program Bapak Asuh Cabang Olahraga serta Forkopimda dan masyarakat Kota Tangerang yang terlibat.

“Semua bergerak untuk memantapkan dan meningkatkan solidaritas kontingen. Komitmen, militansi dan loyalitas atlet, pelatih dan seluruh official merupakan strategi bagi Kota Tangerang. Semua menjadi satu untuk dunia olahraga Kota Tangerang, kini membuahkan hasil terbaiknya,” seru Kaonang.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Banten Koswara Poerwasasmita mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Porprov VI Banten di Kota Tangerang tahun ini merupakan yang terbaik sepanjang sejarah penyelenggaraan Porprov di Provinsi Banten.

“Kenapa Porprov kali ini dalam penyelenggaraanya bukan hanya yang paling bergengsi dan paling berhasil menurut kami, Karena selain yang terbesar dalam soal jumlah cabor, tetapi dalam soal masalah ini hanya sedikit.” jelas Koswara.

Untuk itu, lanjut Koswara, Ketua KONI Banten pun memberikan apresiasi atas kesuksesan penyelenggaraan Porprov Banten yang keenam tahun ini.
“Apresiasi dari Ketua bahwa berdasarkan hasil evaluasi, penyelenggaraan Porprov VI Banten di Kota Tangerang berjalan lancar dan aman serta serius.” ujarnya. (kam)