Tangerang7.com, Tangerang – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Transmart Cikokol, Kota Tangerang, pada Kamis (20/10/2022).
BST merupakan program perlindungan sosial untuk warga Kota Tangerang yang terkena dampak dari inflansi atau kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).
Kepala Dinsos Mulyani menjelaskan bahwa penerima BST ini merupakan warga yang tercantum didalam data terpadu kesejahteraan sosial dan masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat yaitu Kementerian Sosial dan Pemerintah Provinsi Banten.
“Warga yang mendapatkan BST ini sebanyak 10.414 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang merupakan warga dari 13 kecamatan dan 104 kelurahan se-Kota Tangerang. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Tangerang dan masih bertempat tinggal di wilayah Kota Tangerang,” jelas Mulyani saat ditemui.
Lanjutnya, bentuk bantuan yang disalurkan berupa uang tunai sebesar Rp 150 ribu sebanyak empat kali dan akan diberikan dua tahap, pada bulan Oktober dan Desember sebesar Rp 300 ribu disetiap bulannya. Dengan itu masyarakat menerima dengan total uang tunai sebesar Rp 600 ribu per KPM.
“Dengan harapan BST ini dapat membantu untuk pemenuhan kebutuhan dasar para KPM berkaitan dengan adanya inflansi daerah. Dan tentunya Pemkot terus berupaya dengan program-program untuk membantu masyarakat yang terdampak inflansi tersebut,” lanjut Mulyani.
Salah seorang masyarakat, Amelia mengaku sangat terbantu dengan adanya penyaluran BST, karena ini merupakan kali pertama ia mendapatkan bantuan. Dengan begitu ia sangat berterima kasih kepada Pemkot Tangerang dan Dinsos Kota Tangerang. “Semoga penyaluran ini dapat diadakan terus, dan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan.” tutup Amelia. (did)