Kamis, September 29, 2022
BerandaOlahragaMatangkan Keahlian, Portina Banten Gelar Bimtek

Matangkan Keahlian, Portina Banten Gelar Bimtek

Tangerang7.com, Kota Serang – Untuk mematangkan keahlian dan kemampuan para pelaku dan praktisi olahraga tradisional yang ada di Provinsi Banten, Portina (Persatuan Pelestari Olahraga Tradisional Indonesia) Provinsi Banten menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek).

Acara ini digelar di Le Semar Hotel di Kota Serang, Sabtu (18/6/2022). Hadir beberapa narasumber, antara lain Kabid Pemberdayaan Olahraga Dispora Banten Drs Djunaedi, dosen prodi ilmu keolahragaan Fakultas Kedokteran Untirta Dra Ida Zubaida Mpd, Aifa, dan Ketua Portina Banten sekaligus Kabid Organisasi Portina Nasional Yahya Madjid.

Para peserta bimtek ini merupakan perwakilan dari Portina Kabupaten dan Kota di Banten, praktisi olahraga tradisional, serta para wasit olahraga tradisional.

“Bimtek ini memang salah satu agenda kerja yang sudah kita rencanakan di tahun 2022 ini. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kemampuan para pelaku olahraga tradisional di Banten,” kata Ketua Fortina Banren Yahya Madjid di sela-sela acara.

Karenanya, dalam paparannya, Yahya lebih kepada hal-hal teknis tentang olahraga tradisional. Misalnya soal aturan-aturan berbagai olahraga tradisional yang ada.

Apalagi, kata Yahya, sebagian besar para wasit yang ikut dalam bimtek adalah para petugas pertandingan di Fornas (Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional) VI yang akan digelar di Sumatera Selatan, 1 hingga 7 Juli mendatang.

Yahya berharap, dengan mengikuti bimtek,  para wasit Banten yang akan bertugas di Fornas VI bisa menjalankan tugas dengan baik. Sehingga bisa membawa nama baik bagi Banten dari sisi yang lain.

“Kalau atlet/pegiat bisa mengharumkan Banten dari sisi prestasinya, kalau wasit dari sisi keahliannya sebagai pengadil atau pengatur jalannya pertandingan. Peran wasit atau juri ini sangat vital nanti di Fornas. Makanya mereka harus memiliki kemampuan yang mumpuni,” ujar Yahya.

Kabid Pemberdayaan Olahraga Dispora Banten Djunaedi, mengapresiasi bimtek yang digelar Portina. Dispora, kata Djunaedi, akan mendukung apapun kegiatan yang bertujuan meningkatkan serta pengembangan olahraga di Banten.

Menurutnya, Portina yang memiliki banyak jenis olahraga, wajib didukung oleh wasit-wasit yang handal dan cakap. Bukan saja untuk bertugas di Fornas VI Sumatera Selatan, tapi untuk kemajuan olahraga tradisional di Banten mendatang.

“Apalagi dalam ajang Pekan Olahraga Tradisional (Potradnas) di Bangka Belitung belum lama ini, Banten berhasil mempertahankan predikat sebagai juara umum. Ini menunjukkan bahwa olahraga tradisional yang berada di naungan KORMI, makin diterima oleh masyarakat Banten,” kata Djunaedi usai acara.

Djunaedi juga berharap, para wasit olahraga tradisional maupun para pegiat atau atlet oltrad yang akan bertugas di Fornas VI nanti, bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya serta semaksimal mungkin. Sehingga, target yang ditetapkan bisa dicapai. (**/jb)

RELATED ARTICLES
ADVERTORIAL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Tangerang7 Smart

Tangerang7 Niaga