Tangerang7.com, Pagedangan – Manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa menghindar dari saling interaksi dengan sesama di lingkungannya masing-masing.

Kebersamaan dan sifat kegotong royongan serta bertoleransi menjadi modal utama untuk bisa meminimalisir persoalan yang ada. Saling memahami dan menghormati perbedaan merupakan warisan yang harus dipertahankan.

Degradasi moral, etika cenderung menguat dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan wawasan kebangsaan menjadi penting untuk kembali digaungkan agar masyarakat dapat menjalani kehidupan sosial dengan aman, damai, dan nyaman.

Demikian yang dapat ditarik dari kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan Anggota DPRD Provinsi Banten H Dedi Sutardi, SE, MBA di aula Balai RW 007 Medang Lestari, Kelurahan Medang, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Rabu sore (23/11/2022).

Pembicara lain, Lurah Medang M Gilang Pratama Putra, S.STP dan Ketua RW 007 Indra Setiawan, ST.

Ketiganya sepakat bahwa wawasan kebangsaan masyarakat sudah sangat mumpuni. Namun, perlu kembali diaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kalau dulu, kita bertemu dengan orang yang lebih tua, pasti tunduk dan hormat. Saat ini, hal tersebut mengalami degrdasi,” kata Gilang.

Dedi Sutardi menegaskan, warisan founding father bangsa berupa rasa kebersamaan, menghargai keberagaman harus dipertahankan.

“Anak-anak kita harus terus ditanamkan nilai-nilai etika, moral, keagamaan. Pancasila yang merupakan falsafah kehidupan, nilai-nilai di dalamnya menjadi pedoman berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Sementara, Ketua RW 007 Indra Setiawan mengungkapkan warganya merupakan warga siaga dan memiliki karakter kebersamaan yang sangat kuat. Satu sama lain saling menguatkan, sehingga apa yang menjadi harapan dengan mudah diwujudkan. “Hidup bersosial harus saling menguatkan,” katanya. (*)