Tangerang7.com, Cisauk – Pemerintah Kabupaten Tangerang melakukan pencanangan tiang pertama (groundbreaking) proyek pembangunan jembatan layang atau flyover Cisauk. Pembangunan fasilitas tersebut, sebagai salah satu upaya meminimalisasi kemacetan di Kecamatan Cisauk.

Pembangunan ini ditargetkan rampung selama 13 bulan atau 395 hari. Flyover ini sepanjang 1.090,67 meter (flyover dan jalan), dengan panjang struktur jembatan sepanjang 216 meter dan lebar jalur 5,5 meter yang dibuat 2 jalur dengan 2 arah.

“Memang pembangunan yang masuk proyek strategis ini tertunda, karena sebelumnya fokus untuk penanganan di sektor kesehatan dan juga sektor ekonomi akibat pandemi pada 2020, namun pada tahun ini kita (Pemerintah Daerah) kembali membenahi sisa-sisa kegiatan yang belum dilaksanakan termasuk pembangunan flyover ini,” ujar Kepala Dinas DBMSDA Kabupaten Tangerang, Iwan Firmansyah, Sabtu (29/10/2022).

Dengan adanya jembatan layang, diharapkan antrean kendaraan di perlintasan Kecamatan Cisauk terdiatasi. Begitu juga dengan perlintasan kereta api yang setiap 15 menit sekali harus ditutup karena KRL lewat, ini yang cukup menganggu lalu lintas kendaraan.

“Diharapkan pembangunan flyover ini bisa mengurai kemacetan di wilayah Cisauk yang memang sudah lama menjadi faktor utama sumber kemacetan yang terjadi di kawasan tersebut selama ini,” ucap Iwan. (did)