DKP Kota Tangerang Bagikan 1 Ton Bibit Padi ke Kelompok Tani Pangan

Avatar

Tangerang7.com, Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) secara konsisten menjaga kualitas dan ketersediaan pangan di Kota Tangerang.

Hal itu dibuktikan dengan yang dilakukannya pembagian 1 ton bibit padi kepada kelompok tani pangan, yang berlangsung di Kantor DKP Kota Tangerang, Gedung Cisadane lantai 1 Jalan K.S. Tubun No.1, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Senin (17/7/2023).

Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun, menuturkan, pembagian bibit padi ini diberikan kepada 10 kelompok tani pangan yang merupakan binaan dari DKP Kota Tangerang. Antara lain, dari Kecamatan Pinang ada Kelompok Tani Kembang Goyang Kelurahan Panunggangan Utara, sedangkan di Kecamatan Neglasari ada Cikahuripan, Harapan Jaya, dan Tunas Jaya, dan dari Kecamatan Benda ada Kelompok Tani Karya Jaya, Mekar Jaya, Teko Makmur, dan Rawa Depan Jaya.

“Selain itu ada juga kelompok tani yang mendapatkan bibit padi dari kami, yakni Gopur Family dari Kecamatan Batuceper, serta Cileutik Makmur dari Kecamatan Jatiuwung. Pembagian bibit padi ini diseseuaikan dengan luas lahan yang ada di masing-masing kelompok tani, mulai dari kisaran 70 hingga 120 kg,” tuturnya, Selasa, (18/7/2023).

Lanjut Muhdorun, tidak hanya tanaman padi yang diberikan, DKP Kota Tangerang juga rutin memberikan bibit tanaman sayur, buah, benih ikan, serta ternak sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan dan produktivitas masyarakat Kota Tangerang.

“Dari ratusan ribu bibit tanaman dan benih ikan yang dibagikan, tak sedikit berhasil menjadi ladang penghasilan baru bagi kelompok tani. Mereka berhasil memanfaatkan benih atau bibit ikan menjadi hasil panen yang berkala, dan berhasil dijual lagi ke pasar yang lebih luas,” papanya.

Selain itu, pemberian bibit padi ini diharapkan dapat bermanfaat dan meningkatkan perekonomian di kelompok tani tersebut. Terlebih, masyarakat juga dapat mengkonsumsi hasil panen dari petani lokal yang ada di wilayahnya. Sehingga memberikan kebutuhan pangan yang berkualitas dan dengan harga yang terjangkau.

“Muhdorun mengimbau bagi masyarakat Kota Tangerang khususnya Kampung Tematik atau KWT dapat memanfaatkan program pemberian bibit ini, karena gratis. Serta, yang membutuhkan pembinaan, bantuan bibit pohon atau benih ikan dapat melakukan permohonan atau bersurat ke kantor DKP Kota Tangerang,” pungkasnya. (did)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *