Jumat, September 30, 2022
BerandaTangerang7 LiveDiskominfo-USAID Lakukan Penguatan Sarana Pengaduan Inklusi

Diskominfo-USAID Lakukan Penguatan Sarana Pengaduan Inklusi

Tangerang7.com, Tangerang – Memudahkan masyarakat rentan dan difabel dalam menyampaikan aspirasi, saran, dan pengaduan kepada Pemerintah Daerah, Diskominfo Kota Tangerang bersama USAID Erat menggelar Lokakarya Literasi dan Penguatan Simpul Masyarakat Rentan dan Difabel dalam Pemanfaatan SPAN Lapor!-Laksa Sebagai Sarana Pengaduan Inklusi, di Hotel Novotel Tangerang, Senin (19/9/2022).
Kepala Diskominfo Indri Astuti menjelaskan, kegiatan ini berlangsung dua hari dengan sederet pemaparan. Mulai dari pengenalan dan pengelolaan aplikasi Lapor! dan Laksa serta membangun perspektif partisipasi masyarakat untuk peningkatan pelayanan publik dengan pemanfaatan sarana Lapor!-Laksa.
“Dengan itu, kita menghadirkan beberapa pihak. Tak hanya dari pengelola aplikasi Lapor! yaitu milik Kementerian PANRB, aplikasi Laksa dari Diskominfo Kota Tangerang. Dalam acara ini juga dihadirkan sejumlah masyarakat rentan dan difabel, untuk mendengarkan secara langsung aspirasi mereka atau yang dibutuhkan dalam proses pengaduan lewat aplikasi. Selanjutnya, akan dilakukan penyempurnaan pada aplikasi Lapor!-Laksa,” papar Indri.
Sementara itu, Muhammad Maulana, Provincial Governance Advisor Banten, USAID Erat memaparkan saat ini aplikasi SPAN Lapor! dan Laksa sedang dalam proses integrasi. Berjalan dengan itu, semua pihak melakukan penguatan sesuai yang dibutuhkan masyarakat Kota Tangerang, khususnya masyarakat rentan dan difabel.
Lewat lokakarya dan literasi ini, USAID, Diskominfo dan masyarakat rentan serta difabel melakukan persamaan persepsi. Ditujukan untuk dapat meningkatkan kualitas literasi penanganan SPAN Lapor!- Laksa bagi kelompok rentan dan difabel. Disamping itu, Diskominfo dan USAID juga dapat melakukan pemetaan masalah yang perlu diselesaikan kedepannya.
“Selanjutnya, USAID akan melakukan pendampingan kepada Diskominfo lewat beberapa bentuk kegiatan dan memfasilitas apa yang dibutuhkan. Sehingga, USAID secara nyata dapat membantu Kota Tangerang dalam meningkatkan kualitas mekanisme pengaduan di Kota Tangerang, khususnya untuk masyarakat rentan dan difabel yang juga bagian dari Kota Tangerang,” tegasnya. (kam)
RELATED ARTICLES
ADVERTORIAL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Tangerang7 Smart

Tangerang7 Niaga