Tangerang7.com, Kota Tangerang – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tangerang menggelar kegiatan Gebyar Zakat 1443 Hijriyah yang diselenggarakan bersamaan dengan pelantikan Pimpinan BAZNAS Kota Tangerang Periode 2022–2027.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan, kegiatan gebyar zakat menjadi jembatan antara masyarakat pembayar zakat dengan penerima zakat untuk meringankan beban saudara yang membutuhkan.

Zakat merupakan dana umat dalam membangun kebersamaan dan kegotongroyongan untuk membantu masyarakat lain yang kurang mampu.

“zakat yang kita bayarkan sesungguhnya bukan buat siapa-siapa, tetapi lebih untuk diri kita sendiri dan keluarga kita,” terang  Arief.

“Bukankah zakat yang kita bayarkan untuk membersihkan harta dan diri kita sendiri, selain itu ada hak orang lain dari setiap rejeki yang kita terima, untuk itu mohon keridhoan dan keikhlasan untuk menyalurkan zakat,” lanjutnya.

Pada kesempatannya, Arief juga berharap agar kepengurusan Baznas Kota Tangerang yang baru dilantik dapat semakin masif dalam menjemput dana zakat dari masyarakat hingga ke lingkungan masyarakat. Di mana target pengumpulan zakat di Kota Tangerang mencapai 12 miliar rupiah.

“Agar potensi zakat yang ada di Kota Tangerang dapat dikumpulkan secara maksimal untuk program kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Selain zakat fitrah, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang bersama sejumlah kepala OPD Pemkot Tangerang, Pimpinan DPRD Kota Tangerang serta Pimpinan dan Pegawai PT. Tiki Tangerang juga melakukan pembayaran zakat profesi atau biasa dikenal sebagai zakat penghasilan.

“Ke depan zakat profesi harus lebih disosialisasikan kembali, agar seluruh pegawai Pemerintah Kota Tangerang rutin membayarkan zakat profesi setiap bulan. Juga pegawai perusahaan swasta yang ada di Kota Tangerang,” iimbuhya.

Dalam acara gebyar zakat juga dilakukan penandatanganan MoU Tangerang Emas (Ekonomi Masjid) antara BAZNAS Kota Tangerang dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangerang dengan dana sebesar 500 juta rupiah.

“Semoga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di lingkungan masjid yang ada di Kota Tangerang,” ujar Arief.

KH Aslie Elhusyairy selaku Ketua BAZNAS Kota Tangerang Periode 2022-2027 dalam kesempatan itu mengungkapkan akan berupaya lebih optimal lagi dalam menjalankan tugasnya menghimpun dan menyalurkan dana zakat.

“Atas amanah dan tanggung jawab yang diberikan pemerintah Kota Tangerang, BAZNAS selaku lembaga pemerintah yg diberikan kewenangan mengelola zakat, akan memaksimalkan pengelolaan zakat di Kota Tangerang, agar dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” papar KH Aslie.

“Sebagai bentuk komitmen kami, pada gebyar zakat ini kami juga menyalurkan dana zakat senilai 1 Milyar Rupiah dan Pendistribusian beras zakat fitrah sebanyak 5200 Pack yang didistribusikan melalui Masjid-masjid se Kota Tangerang”,” tambahnya.

Pada kesempatan itu BAZNAS juga menyalurkan bantuan secara simbolis berupa bantuan bedah rumah, bantuan kendaraan roda tiga bagi penyandang difabel, bantuan bedah warung zmart, bantuan modal usaha (bank zakat) dan beasiswa sarjana serta bantuan untuk guru ngaji.

Turit adir dalam kegiatan itu, Wakil Wali Kota Sachrudin dan Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang, Turidi Sudanto, serta Ketua BAZNAS Provinsi Banten Syibli Syanjaya.