Kamis, September 29, 2022
BerandaInspirasiPengertian, Niat, Tata Cara Pelaksanaan, Keutamaan dan Manfaat Puasa Daud

Pengertian, Niat, Tata Cara Pelaksanaan, Keutamaan dan Manfaat Puasa Daud

Tangerang7.com – Puasa daud adalah salah satu dari puasa sunnah. Di mana puasa daud ini adalah puasa sunnah yang paling disukai Allah swt. Dinamakan puasa daud, karena puasa daud ini adalah puasa yang menjadi rutinitas dari Nabi Daud as itu sendiri kala masih hidup.

Sebagai umat muslim, tentunya kita berlomba-lomba untuk mencari amalan-amalan soleh yang bernilai ibadah sebanyak-banyaknya, salah satunya dengan melaksanakan puasa daud. Karena manfaat melaksanakan puasa daud sangatlah banyak serta keutamaan puasa daud sangatlah besar.

Sebelum manfaat puasa daud dipaparkan, ada baiknya jika mengetahui tata cara puasa daud terlebih dahulu. Adapun untuk tata cara pelaksanaan puasa daud yaitu dilakukan dengan cara puasa sehari kemudian keesokan harinya tidak berpuasa dan keesokan harinya lagi berpuasa, kemudian esoknya tidak lagi dan begitu seterusnya.

Dengan kata lain, puasa daud yaitu puasa yang dilakukan secara selang-seling. Puasa daud dapat dilakukan sepanjang tahun terkecuali pada hari raya idul fitri dan idul adha serta pada hari-hari tasrik yaitu 11, 12 & 13 pada bulan Dzulhijjah.

Dan tidak ada larangan untuk melaksanakan puasa daud pada hari jumat. Yang dilarang adalah melaksanakan puasa khusus pada hari Jumat. Dengan melaksanakan puasa daud secara benar, tentunya manfaat puasa daud akan kita rasakan.

Salah satu manfaat puasa daud yaitu dilihat dari segi keutamaan puasa daud. Sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah Saw. bahwasanya puasa daud lebih utama dibandingkan dengan puasa arafah dan puasa 3 hari dalam sebulan.

Melaksanakan puasa daud secara rutin akan mendatangkan sangat banyak manfaat dalam kehidupan ini. Selain memperoleh amal ibadah di sisi Allah, puasa daud juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan dan tentunya dapat merubah perilaku sehari-hari (akhlaqul karimah). Adapun manfaat puasa daud diantaranya yaitu :

  1.   Menambah rasa iman dan taqwa kepada Allah swt.
  2.  Lebih terhindar dari perbuatan-perbuatan maksiat.
  3.  Menanamkan sifat kesabaran.
  4.  Dapat menjalin persaudaraan yang lebih erat dengan sesama.
  5.  Emosi dapat lebih dikendalikan.
  6.  Meningkatkan sistem kekebalan (sistem imun) tubuh.
  7.  Menghindarkan dari resiko penyakit jantung.
  8.  Mengeluarkan racun-racun dalam tubuh secara alami.

Jika dilihat dari segi keutamaan puasa daud dan manfaat puasa daud, sungguh sangatlah banyak mudhorat yang akan didapatkan ika melaksanakannya. Jadi marilah senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak melakukan amalan-amalah sunnah. (**/t7)

RELATED ARTICLES
ADVERTORIAL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Tangerang7 Smart

ANEKA