Tangerang7.com, Pagedangan –  City Sanitation Summit (CSS) XX resmi dibuka Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar bersama Ketua Umum AKKOPSI yang juga Wali Kota Jambi Dr Syarif Pasya, dan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan, Kemenko PMK, Drg Agus Suprapto, M.Kes, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Rabu (7/9/2022).

CSS merupakan ajang pertemuan kepala daerah untuk bertukar pengalaman, pengetahuan terhadap kegiatan sanitasi.

Pertemuan ini diharapkan menjadi wadah untuk membangun kemitraan dan mendorong upaya advokasi, promosi dan kampanye untuk pembangunan sanitasi di Indonesia hingga 2045 mendatang. Pelaksanaan CSS XX pada hari kedua dibuka dengan penampilan Paduan Suara dari 30 orang siswa SMPN 1 Legok, membawakan lagu Indonesia Raya, Mars Kabupaten Tangerang, dan Mars AKKOPSI.

Kabupaten Tangerang terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan CSS ke-20 tahun 2022 berdasarkan merupakan hasil keputusan Munas AKKOPSI ke-19 di Banjarmasin pada tahun 2019.

Di samping itu, Kabupaten Tangerang selain dipandang mampu, juga kompeten karena memiliki program sanitasi yang berhasil dan dapat direplika daerah lain, seperti sanitasi sekolah, sanitasi pondok pesantren, IPAL Komunal, Gebrak Pak Kumis dan beberapa program lainnya yang tetap mengedepankan sanitasi yang baik, layak, bersih dan sehat.

Ketua Panitia CSS XX sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid mengatakan, dalam rangka CSS XX ini, pihaknya akan membeberkan sejumlah keberhasilan dalam pembangunan sanitasi di Kabupaten Tangerang.

“Perkenankan kami melaporkan bahwa CSS Kabupaten Tangerang ini bertema ‘sanitasi aman investasi masa depan’,” ungkapnya.

Agenda yang akan dilakukan, antara lain sharing session, seminar dan kunjungan lapangan atas program sanitasi yang dilakukan Kabupaten Tangerang. Antara lain kunjungan ke Ketapang Urban Aquaculture, SMPN 2 Curug, Pesantren Dasar el Huda dan RSUD Balaraja.

“Empat lokasi ini adalah bagian program besar sanitasi kabupaten tangerang,” ungkapnya. (mad)