Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaInspirasiDi BPBD Kabupaten Tangerang Ada Manusia Super. Soni Santoso, Berhasil Evakuasi Korban...

Di BPBD Kabupaten Tangerang Ada Manusia Super. Soni Santoso, Berhasil Evakuasi Korban Terjun Sumur 15 Meter

Tangerang7.com, Jayanti – Soni Santoso, petugas pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang berhasil evakuasi korban yang terjum ke sumur sedalam 15 meter di Kp Gandasari RT 09/04, Desa Jayanti, Kecamatan Jayanti, Minggu (14/5/2022).

Penuh rasa haru dan menegangkan. Waktunya pun dini hari jelang subuh. Lantaran keberaniannya itu, Soni dijuluki warga setempat sebagai ‘manusia super’.

Soni Santoso, anggota Regu C Markas Komando (Mako) Curug BPBD Kabupaten Tangerang merupakan anggota yang terjun langsung mengevakuasi korban.

Soni menceritakan, awalnya sebelum berangkat ke tempat kejadian, dirinya mendapatkan instruksi dari Danton Regu C (Iwan Kosasih) agar membantu Pos Cisoka mengevakuasi korban bersama 4 rekan yang sedang piket.

“Hati kecil saya berkata kasihan keluarga korban harus ada yang menolong mengangkat korban dari dalam sumur,” cerita Soni penuh haru.

Setiba di lokasi, petugas Mako Curug berdiskusi dengan anggota Pos Damkar Cisoka terkait teknik penyelamatan korban. Akhirnya, sepakat dibagi tugas. Ada yang pegang tali dan ada yang terjun ke dalam sumur.

“Waktu itu Pak Sukma anggota Regu C Mako menunjuk saya untuk evakuasi korban. Karena tanggung jawab sebagai petugas Damkar dan ada rasa kasihan kepada korban, saya beranikan diri terjun seorang diri dibekali tali karamantel, figur ex, dan tangga,” kata Soni.

Pada saat turun, posisinya tergantung di tali karamantel. Kondisi masih gelap. Dirinya tidak bisa melihat korban.

“Saya coba menurunkan kaki ke dalam air untuk meraba posisi korban. Saya turunkan kaki dalam air sampai tiga kali. Terasa kaki menyentuh korban pada saat saya menurunkan kaki yang ketiga kalinya menyentuh kaos korban,” ungkap Soni.

Soni yang mulai gabung dengan BPBD Kabupaten Tangerang tahun 2018, melanjutkan posisi korban ditemukan dalam posisi telungkup di dasar sumur.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular