oleh

Zulfikar Imbau Pemerintah Lakukan Gerakan ‘Ketok Sehat’

Tangerang7.com, Tangerang
Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Zulfikar Hamonangan SH mengimbau pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk segera melakukan gerakan ‘Ketok Sehat’.

‘Ketok Sehat’ adalah gerakan masif sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona di tengah masyarakat.

Cara kerja ‘Ketok Sehat’ ini adalah dengan mendatangi warga dari rumah ke rumah untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Zulfikar mengatakan, gerakan ini dilakukan di tiap kelurahan atau desa dengan menyediakan tenaga medis, yakni satu dokter dan lima perawat. Juga ketersediaan obat-obatan yang cukup.

“Pemerintah harus punya political will untuk menghentikan atau mengalihkan anggaran, seperti pembangunan jalan, jembatan. Hentikan dulu pembangunan ibukota baru. Saat ini rakyat sedang berduka atas wabah virus corona,” kata Zulfikar kepada tangerang7.com, Senin sore (23/3/2020).

Zulfikar berharap, langkah ini untuk meminimalisir rasa takut, cemas, panik, dan was-was masyarakat. “Jangan sampai masyarakat terus-terusan was-was dan ketakutan satu dengan yang lainnya akibat tidak dapat dipastikan kondisi kesehatan badannya,” kata Bang Zul, sapaan Zulfikar.

Zulfikar berpendapat, jika ini dilakukan di daerah, bisa dibantu komponen tiga pilar, yakni kelurahan, Babinsa (TNI), dan Bhabinkantibmas (Polri).

“Saya kira saatnya pemerintah pusat melakukan Bina Kesehatan. Pemerintah harus jemput bola, bukan menunggu pasien di rumah sakit. Kita harus sudah mengubah pola pelayanan terhadap masyarakat. Sebelumnya kita menunggu. Saat ini, dalam kondisi darurat, saatnya pemerintah jemput bola dan melakukan pelayanan kesehatan langsung dari rumah ke rumah agar warga yang tinggal di rumah bisa memahami kondisi antar tetangga satu dengan yang lainya,” ungkapnya.

Zulfikar pun menceritakan kondisi yang terjadi di masyarakat saat ini. “Sekarang ini, sakit flu dibilang corona, sesak napas dibilang corona, sakit kepala dibilang corona. Masyakarat was-was,” ujar anggota DPR RI dapil Banten tiga ini.

Zulfikar berharap imbauan ini dapat segera dilakukan pemerintah pusat dan daerah agar bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona di masyarakat. “Menurut saya ini adalah opsi terbaik pemerintah pusat maupun daerah,” katanya. (t7/set)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya