oleh

Wujudkan Generasi Religius, Pemkab Tangerang Bangun Sanitren

Tangerang7.com, Cisoka – Pemerintah Kabupaten Tangerang terus melakukan upaya mewujudkan masyarakat yang religius, termasuk meningkatkan penerapan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui kebijakan Bupati Tangerang dan Wakil Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar – Mad Romli, mencanangkan 15 program unggulan. Salah satunya Sanitasi Berbasis Pesantren (Sanitren). Pesantren modern maupun salafi dapat merasakan program tersebut.

“Santri merupakan aset bangsa, mereka pun berhak akan sanitasi yang bersih sehingga dapat belajar di pesantren dengan nyaman,” kata Zaki saat peresmian Sanitren di Pondok Pesantren As-Sanusiyah, Kecamatan Cisoka, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, pesantren di Kabupaten Tangerang berjumlah 829 lembaga. Melalui pendataan oleh Kementerian Agama Kabupaten Tangerang bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang, di tahun 2018 telah dibangun 46 unit Sanitren.

Manfaat Sanitren antara lain memenuhi target 100 persen akses sanitasi, 0 persen kawasan kumuh, 100 persen akses air bersih. Selain mendapatkan sarana, santri pun akan mengerti pola hidup sehat dan bersih. Pasalnya, Sanitren dibangun sesuai kebutuhan santri dalam beraktivitas sehari-hari.

Pembangunan Sanitren di antaranya kamar mandi, toilet, tempat wudu, listrik, dan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal.

“Sebelumnya kami mendapatkan air dari sumur timba dengan menarik air bergantian, setelah mendapatkan Sanitren lebih mudah dan bersih,” ungkap Ruslan (20), santri Pondok Pesantren As-Sanusiyah.

Warga Desa Cisereh, Kecamatan Tigaraksa itu mengaku menimba ilmu agama di Pondok Pesantren As- Sanusiyah sejak dua tahun lalu. Ruslan tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa mendalami ilmu agama. Ia hanya membayar Rp100 ribu per bulan ditambah uang listrik Rp20 ribu per bulan.

“Dengan Sanitren, terbantu sanitasi di pesantren ini. Mudah dan bersih, sekalian mencuci pakaian di sini,” ucap Ruslan.

Pimpinan Pondok Pesantren Salafiyah As-Sanusiyah KH Hasbullah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang atas komitmen membangun Sanitren di pondok pesantren salafi. Menurutnya, program yang diluncurkan Zaki tersebut sangat membantu.

“Kami berharap ke depan ada program-program serupa yang menyasar pondok pesantren terutama ponpes salafi yang masih perlu perhatian lebih dari pemerintah pusat maupun daerah,” ucap Hasbullah.

Tata Cara Mendapatkan Program Sanitren:
1. Surat Permohonan Bantuan Dana
2. Surat Pernyataan Pemeliharaan
3. Surat Pernyataan untuk Lahan Lokasi
4. Surat Pernyataan Tanah Tidak Dalam Sengketa.

Siklus Program Sanitren Dimulai:
1. Persiapan
2. Sosialisasi
3. Verifikasi
4. Legalisasi
5. Penandatanganan Perjanjian Nota Hibah Daerah
6. Pengajuan Pencairan Dana
7. Pelaksanaan Pembangunan Fisik
8. Pengawasan Pembangunan
9. Pelaporan.

Diharapakan dalam jangka waktu 5 tahun ke depan pemenuhan Sanitren dapat dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Tangerang, khususnya para santri di wilayah Kabupaten Tangerang. (Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya