oleh

Waspada, Ada Agen Jamu Berbahan Kimia di Kutabumi

Tangerang7.com, Pasar Kemis – Petugas gabungan merazia sebuah sarana distribusi obat tradisional di Kelurahan Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Kamis (27/6/2019). Alhasil, ditemukan jamu mengandung bahan kimia obat atau BKO serta obat keras.

Penggerebekan ini melibatkan petugas dari BPOM di Kabupaten Tangerang, Balai Besar POM di Serang, Korwas Polda Banten, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dan Puskesmas Kutabumi.

Kepala Loka POM di Kabupaten Tangerang Wydia Savitri mengatakan, penindakan tersebut sebagai bentuk komitmen BPOM dalam melindungi masyarakat dari peredaran obat tradisional atau jamu yang dilarang diedarkan. Ia menegaskan, jamu mengandung BKO tidak memiliki izin edar karena tidak layak konsumsi.

Ia menjelaskan, dari penindakan agen jamu itu ditemukan obat tradisional tanpa izin edar sebanyak 75 item dan obat keras sebanyak 8 item. Nominal diperkirakan sebesar Rp 88 juta.

“Bukan toko, tetapi agen. Jamu yang dijual adalah jamu yang sudah dilarang beredar karena mengandung bahan kimia obat,” ujar Wydia.

Ia menyebutkan, temuan tersebut akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan perundang-undangan. Masyarakat pun diimbau untuk selalu melakukan Cek KLIK saat berbelanja. Cek KLIK yaitu akronim dari cek kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa.

“Tak henti kami meminta kepada seluruh pelaku usaha untuk mematuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa berhati-hati dalam membeli dan memilih produk,” ucap Wydia. (srh/srh)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya