oleh

Warga Permata Sepatan Kumpul Makan Bareng Sambil Lahirkan Ide Membangun

Tangerang7.com, Sepatan – Meski masih dalam pandemi covid-19 tidak menyurutkan warga RT 05/RW 005 Permata Sepatan, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang untuk selalu saling berbagi rasa persaudaraan dan kepedulian.

Satu hari setelah Lebaran, mereka menggelar acara makan bareng bersama di Angkringan Ceqi di wilayah itu. Makan bareng yang disajikan di daun pohon pisang sebagai ganti piringnya ini adalah agar warga selalu kompak dan agar rasa persaudaraan terasa dekat.

Inisiator kegiatan Dian Andri mengatakan, gelar makan bareng ini sudah sering dilakukan sebelum pandemi covid-19.

“Ini untuk menghilangkan rasa kangen kepada orangtua bahkan sanak saudara di kampung. Saat ini kita nggak bisa mudik. Kegiatan makan bareng bersama ini sudah sering dilakukan sebelum pandemi,” jelas Andri atau yang akrab disapa Bang Ue, Senin malam (25/5/2020).

Dalam pantauan, acara makan bareng yang digelar ini tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun hasil karya warga.

“Kegiatan ini juga untuk menjaga kekompakan dan salah satu cara kami mempersatukan warga,” katanya.

Tempat ini pun tidak sekadar tempat ajang warga makan bareng. Tapi juga untuk melahirkan ide-ide.
Sejak pandemi covid-19 muncul, pihaknya melakukan berbagai kegiatan, seperti menyediakan tempat cuci tangan depan rumah warga.

Foto : Salah satu karya Warga Permata Sepatan RT. 005 RW. 005 dibuatkan ayuanan anak – anak

“Semuanya kami kerjakan bersama warga yang sering nongkrong di angkringan,” jelas Andri.

Kata dia, banyak yang dilakukan di tempat ini, seperti menyemprotkan cairan disinfektan ke rumah-rumah, melakukan penyekatan antar RT lain dengan membuat portal dan dipasang spanduk imbauan.

Sementara, Safandri Yuandono, selaku chef mengatakan, ini menunjukkan kalau warga di RT 05 selalu semangat dalam mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai virus covid-19.

“Kami di sini tidak hanya kumpul-kumpul nggak jelas,” kata Hendrik, sapaannya.

Di Angkringan Ceqi ini, pihaknya sering membahas masalah warga secara bersama-sama. Salah satu yang sudah menjadi hasil obrolan adalah dimanfaatkannya lahan fasum warga yang selama ini tidak pernah diprioritaskan.

Ketua RT 05/RW 005 Sriyanto mengaku sangat bersyukur mempunyai warga yang punya ide-ide membangun wilayah.

Ia sangat mendukung apa yang telah dilakukan warga. Oleh karenanya, ia berharap kerukunan dan kerja sama warga selalu terjalin. (did/set)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *