oleh

Wali Kota Tangerang Ingatkan Baznas agar Profesional Kelola ZIS

Tangerang7.com, Tangerang – Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah berharap, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang dapat mendorong peran dan partisipasi masyarakat untuk menyalurkan dana umat berupa ZIS. ZIS adalah singkatan dari Zakat, Infak, dan Sedekah.

Hal itu disampaikan Arief dalam Rapat Kerja Baznas Kota Tangerang Tahun 2019, di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang, Kamis (28/11/2019). Kegiatan itu mengangkat tema “Optimalisasi pengelolaan zakat dalam upaya mewujudkan Kota Tangerang sebagai kota ekonomi syariah”.

“Dana umat ini sangat dibutuhkan untuk masyarakat, jadi diharapkan Baznas mampu mengelolanya dengan profesional,” ujar Arief dalam keterangan tertulis.

Dia berharap, melalui rapat kerja tersebut seluruh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) sebagai perpanjangan tangan Baznas tetap terkontrol, termonitor, dan terprogram dengan baik.

“Benar-benar terpetakan pula masyarakat yang rutin menyalurkan dana infak dan sedekahnya melalui Baznas, dan terinformasikan juga siapa masyarakat di sekeliling rumah atau lingkungan kita yang butuh bantuan,” tandas Arief.

Menurut data, hingga Oktober 2019 sudah terbentuk lebih dari 800 UPZ di masjid dan musala se-Kota Tangerang. Menurut Arief, tidak tertutup kemungkinan UPZ dapat dibangun di perusahaan-perusahaan atau pabrik-pabrik di Kota Tangerang.

“Kalau bisa kenapa tidak, supaya semakin banyak masyarakat yang menyalurkan bantuan dana umat untuk masyarakat yang membutuhkan,” pungkas dia. (rls/fdy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya