oleh

Virus Corona, Ini 7 Pencegahannya

Tangerang7.com, Tangerang – Covid-19 atau yang dikenal dengan novel coronavirus atau virus corona sedang menjadi topik utama belakangan ini.

Penyakit yang disebabkan novel coronavirus yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, Tiongkok dan diberi nama coronavirus disease 2019 (Covid-19). Di mana kata ‘CO’ berasal dari corona, ‘VI’ berasal dari virus, dan ‘D’ berasal dari disease (penyakit) ini, sebelumnya disebut dengan ‘2019 coronavirus’ atau ‘2019-nCoV’.

Virus baru yang berasal dari satu keluarga yang sama dengan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan beberapa jenis flu biasa ini menyebar dengan cepat di berbagai wilayah Asia dan sekitarnya, termasuk di Indonesia.

Meskipun demikian, ada tindakan-tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko penularan dan penyebarannya, seperti 7 petunjuk di bawah ini :

1. Virus corona merupakan virus berukuran besar berdiameter 400-500 micro, sehingga masker jenis apapun dapat mencegah masuk ke tubuh dan tidak perlu menggunakan masker mahal.

2. Virus corona tidak melayang di udara tapi menempel pada benda, sehingga penularannya tidak melalui udara.

3. Apabila menempel di tangan, virus corona dapat hidup selama 10 menit. Dengan menyediakan sterillizer berbahan dasar alkohol cukup untuk berjaga-jaga.

4. Apabila menempel di kain virus corona dapat hidup selama 9 jam. Dengan mencuci pakaian dan menjemurnya di bawah sinar matahari selama 2 jam sudah cukup untuk membunuhnya.

5. Apabila menempel di permukaan logam, virus corona dapat hidup selama 12 jam. Mencuci tangan dengan air dan sabun sudah cukup.

6. Apabila berada di udara bersuhu 26-27 derajat celcius, virus corona akan mati sehingga tidak hidup di daerah panas.

Di samping itu, minum air panas dan berjemur di bawah sinar matahari sudah cukup sebagai pencegahan. Menghindari makanan dan minuman dingin sangat penting.

7. Berkumur sampai dalam dengan air hangat dan garam akan membunuh virus corona di sekitar anak tekak dan mencegahnya masuk ke dalam paru-paru.

Dengan informasi ini cukup untuk mecegah virus corona masuk ke dalam tubuh. (diolah sumber/mad/set)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *