oleh

Viral Aksi Kades Kronjo Berantas Pungli di Pulau Cangkir

Tangerang7.com, Kronjo – Pulau Cangkir merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Tangerang. Terletak di Desa Kronjo, Kabupaten Tangerang, tempat ini dikenal sebagai wisata religi.

Namun sayang, praktik pungutan liar atau pungli masih terjadi di objek wisata tersebut. Terbukti, Kepala Desa Kronjo Triesno Sergio memergoki para pelaku pungli di kawasan itu. Aksi Triesno memberantas praktik pungli di Pulau Cangkir pun viral di media sosial.

Triesno sendiri mengunggah di akun Facebook miliknya saat inspeksi mendadak di Pulau Cangkir. Dilihat Tangerang7.com, Rabu (26/6/2019), sang kepala desa menjumpai sejumlah orang yang disebut-sebut kerap melakukan pungli di sana.

Saat Triesno tiba, tampak beberapa pria tak kuasa menahan malu dan hanya bisa menunduk seraya pergi. Ada pula yang bersembunyi dan berdalih sedang mencuci tangan.

Dalam rekaman video itu, Triesno menegaskan tidak boleh ada pungutan di tempat parkir Pulau Cangkir. Adapun pengunjung hanya menyetorkan uang dengan total Rp20 ribu di gerbang objek wisata tersebut. Itu resmi, di mana pengunjung diberikan sebanyak dua karcis.

“Suka atau tidak suka harus kami lakukan demi kebaikan kita semua,” tulis akun Triesno Sergio.

Selain murka dan mengusir para pelaku pungli, Triesno meminta kerja sama pengunjung Pulau Cangkir untuk melaporkan kepada polisi atau aparat desa setempat apabila ada oknum yang meminta uang dengan dalih biaya parkir. Biasanya, kata dia, pelaku pungli menyebut akan menyetorkan ke pemerintahan desa.

Aksi kepala desa itu mendapat respons positif dari warganet. Tak sedikit yang memberikan dukungan kepada Triesno agar objek wisata di Desa Kronjo bebas dari pungli. Hingga pukul 22.15 WIB, unggahan Triesno di akun Facebook tersebut telah dibagikan sebanyak 805 kali.

Ingin tahu lebih detail aksi Kades Kronjo saat sidak di Pulau Cangkir? Silakan klik di sini. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya