oleh

UIN Jakarta Sediakan 1.403 Kursi Jalur UMPTKIN

Tangerang7.com, Ciputat – UIN Jakarta pada tahun akademik 2019/2020 menyediakan sedikitnya 1.403 kursi calon mahasiswa baru di jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN).

Kepala Humas UIN Jakarta Syamsuddin mengatakan, persentase UMPTKIN sama dengan jalur SBMPTN, yakni sebesar 40 persen. Lebih besar dari jalur SPAN PTKIN, SNMPTN, dan SPMB Mandiri yang masing-masing hanya 30 persen.

“Besaran persentase tersebut sama dan sebanding antara penerimaan untuk program studi umum dan program studi keagamaan,” kata Syamsuddin, Selasa (12/2/2019).

Jalur UMPTKIN merupakan seleksi masuk UIN Jakarta melalui tes tulis dan diselenggarakan secara nasional bersama PTKIN (UIN/IAIN/STAIN) lain. Jalur ini menawarkan program studi (prodi) keagamaan, termasuk program tadris di fakultas tarbiyah.

Menurut Syamsuddin, tahun akademik 2019/2020 ini, UIN Jakarta menawarkan sedikitnya 30 prodi dari tujuh fakultas yang ada . Sesuai jadwal, jalur UMPTKIN dibuka pada 2-30 April mendatang secara online. Sedangkan seleksi tulis digelar pada 28 Mei 2019 di masing-masing PTKIN di Indonesia.

“Untuk lokasi ujian, peserta boleh memilih sesuai pilihan prodi dan PTKIN tujuan,” kata Syamsuddin. (sam/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya