oleh

Tips Aman Mudik Gunakan Sepeda Motor, Selamat Sampai Tujuan

Tangerang7.com, Tangerang – Pulang ke kampung halaman atau mudik menjadi hal paling ditunggu oleh perantau pada saat menjelang Lebaran. Di mana, ingin bertemu keluarga dan merayakan Hari Raya Idulfitri bersama-sama.

Pemudik pun memiliki banyak opsi moda angkutan, baik darat, laut, maupun udara. Naik pesawat tentu lebih cepat dibandingkan moda transportasi lain, namun tentu harga tiket jauh lebih mahal. Ada pula pilihan untuk naik bus, kereta api, bahkan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor.

Secara khusus mudik menggunakan sepeda motor, paling berpotensi membahayakan diri pengendara itu sendiri dan pengguna jalan lainnya. Sehingga, kepolisian sering mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan bermotor roda dua tersebut saat mudik.

Apabila Anda tidak memiliki pilihan lain dan tetap kekeh pulang ke kampung halaman dengan mengendarai sepeda motor, terlebih dahulu perhatikan beberapa persiapan diri dan kendaraan Anda. Sebab, tidak jarang kecelakaan lalu lintas terjadi akibat kurangnya persiapan pengendara selain faktor kelalaian.

Dikutip Tangerang7.com dari website ntmcpolri.info, Jumat (31/5/2019), ada lima hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan pengguna sepeda motor sebelum memulai perjalanan mudik.

1. Pahami teknik mengendarai sepeda motor
Hal tersebut perlu dilakukan, karena ketika mengemudi Anda harus memahami dan mengetahui teknik berkendara, khususnya teknik mengerem. Awal mulanya perlu menginjak rem dan setelah itu menguranginya secara perlahan-lahan, agar laju sepeda motor stabil.

2. Jangan meletakkan barang bawaan di atas motor
Mengapa? Karena tentu hal itu akan mengurangi gerak aerodinamis motor Anda. Selain itu akan membuat laju motor yang Anda kendarai menjadi lebih lambat. Alangkah baiknya, jika Anda membawa barang secukupnya sesuai dengan kapasitas motor.

3. Segera beristirahat jika kondisi fisik sudah lelah
Ketika Anda merasakan kondisi fisik yang lelah, maka jangan memaksakan diri untuk mengemudi. Pasalnya, hal tersebut tentu dapat menyebabkan rasa kantuk. Beristirahat selama dua hingga tiga jam merupakan jalan terbaik.

4. Lakukan perawatan menyeluruh pada motor
Langkah ini mengharuskan Anda untuk melakukan perawatan secara menyeluruh di sepeda motor Anda. Termasuk mengganti oli dan memeriksa suhu tekanan angin pada ban. Juga pastikan kondisi ban selalu baik dan tidak gundul, karena ban merupakan faktor paling penting pada motor.

5. Gunakan helm standar nasional
Langkah terakhir yang harus dilakukan dalam melakukan mudik adalah menggunakan helm sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Sebab, menggunakan helm cetok sangat berisiko bagi pengguna sepeda motor.

Demikian tips aman mudik menggunakan sepeda motor. Selalu jaga kesehatan Anda dan utamakan keselamatan dalam berkendara. Selamat sampai tujuan dan berbahagia bersama keluarga. (srh/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya