oleh

THR Paling Lambat H-7 Lebaran, Pemkot Tangerang Buka Posko Pengaduan

Tangerang7.com, Tangerang – Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri menuturkan, THR wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan. Dia menyarankan agar pembayaran THR dilakukan dilakukan paling lambat 2 pekan sebelum Lebaran sehingga pekerja dapat mempersiapkan mudik dengan baik.

Pemberian THR ini, lanjutnya, harus sesuai dengan ketentuan Permenaker No. 6 Tahun 2016 yang menyebutkan besaran THR bagi pekerja yang mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, memperoleh THR 1 bulan upah.

Untuk pekerja yang mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus-menerus, tetapi kurang dari 12 bulan, THR-nya diberikan secara proporsional sesuai dengan perhitungan yang sudah ditetapkan, yaitu masa kerja dibagi 12 bulan dikali 1 bulan upah.

Sementara itu, bagi pekerja harian lepas yang mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih, besaran THR-nya berdasarkan upah 1 bulan yang dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima dalam 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan.

“Kami akan segera menerbitkan surat edaran THR kepada para kepala daerah dan membuka posko pengaduan THR. Bagi pekerja yang THR-nya tidak dibayarkan bisa mengadu ke posko pengaduan THR yang akan dibuka di dinas-dinas tingkat provinsi dan kabupaten/kota serta di tingkat yaitu di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan,” tuturnya dilansir Antara, Rabu (15/05/2019).

Sementara itu di Kota Tangerang, pemerintah daerah setempat telah membuka posko pengaduan THR. Lokasinya di Lantai 2 Gedung Disnaker, Jalan Perintis Kemerdekaan II No. 1, Cikokol, Kota Tangerang.

“Kami telah membuka Posko THR, posko ini akan melayani pengaduan terkait THR,” ujar Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Kesehatan Disnaker Kota Tangerang Sri Suprapti, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/05/2019).

Sri Suprapti menerangkan, pihaknya telah menyosialisasikan hak-hak tenaga kerja kepada perusahaan-perusahaan agar bisa terpenuhi. Apabila mendapat pengaduan terkait THR, Disnaker akan menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan melakukan klarifikasi ke perusahaan yang bersangkutan.

“Kami telah sampaikan ketentuan terkait THR. Maksimal pembagiannya H-7 sebelum lebaran. Kami juga akan lakukan mediasi dan pemanggilan pada perusahaan, bila ada pengaduan,” jelasnya. (fdy/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya