oleh

Tersangka Penembak Anjing di Citra Raya Dikenakan Wajib Lapor

Tangerang7.com, Panongan – Polisi melayangkan surat panggilan kepada A (38), tersangka penembak mati anjing di kawasan Water Point, Citra Raya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang. Pemanggilan terhadap A untuk diperiksa sebagai tersangka dilakukan hari ini, Senin (19/8/2019).

Kapolresta Tangerang Kombes Sabilul Alif mengatakan, penetapan A sebagai tersangka setelah penyidik melakukan gelar perkara. Dari hasil gelar perkara, polisi menyimpulkan 2 alat bukti sebagai penguat unsur pidana telah terpenuhi.

“Membunuh, merusak, atau membuat sehingga tidak dapat digunakan lagi atau menghilangkan binatang milik orang lain tanpa hak,” kata Sabilul dalam keterangan tertulis belum lama ini.

Pria berinisial A ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan rumusan Pasal 406 ayat 2 KUHP. Adapun ancaman hukuman, kata Sabilul, adalah pidana penjara paling lama 2 tahun 8 bulan.

Dia menegaskan, penetapan tersangka itu murni atas dasar hukum, bukan berdasarkan tekanan atau opini yang berkembang. Selain itu, kasus tersebut merupakan atensi langsung dari Sabilul usai mendapat pengaduan melalui media sosial.

“Jadi tidak ada intervensi atau karena berdasarkan dorongan opini publik,” tandas mantan Kapolres Jember ini.

Sabilul menyatakan, meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, namun A tidak ditahan. Sebab, ancaman hukumannya di bawah 5 tahun penjara dan bukan tindak pidana tertentu. Tersangka A tidak ditahan sampai kasus itu memiliki kekuatan hukum tetap berdasarkan putusan pengadilan.

“Namun terhadap tersangka A dikenakan wajib lapor,” pungkas Sabilul.

Pelaku Gunakan Senapan Angin

Sekadar diketahui, A ditangkap oleh jajaran Unit Jatanras Satreskrim Polresta Tangerang, Selasa (13/8/2019) malam. Ia diduga telah membunuh seekor anjing dengan menggunakan senapan angin.

A diringkus setelah polisi melakukan penyelidikan atas unggahan akun @anstlucia di Instagram. Di mana, pada Senin (12/8/2019), pemilik akun mengunggah beberapa foto dan memberikan keterangan ihwal penembakan seekor anjing. Hewan piaraan itu diberi nama Beedo.

Motif penembakan anjing bernama Beedo itu adalah terduga pelaku kesal karena istri dan anaknya terjatuh saat bersepeda. Saat itu, anjing dalam posisi diikat di salah satu pohon.

Beedo merupakan anjing peliharaan Titus, yang tak lain tetangga A di Perumahan Water Park, Citra Raya. Beedo mati dengan 4 butir mimis atau peluru senapan angin, Senin (12/8/2019) sore. (t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya