oleh

Terminal Maskapai Penerbangan Berbiaya Murah Segera Hadir di Tangerang

Tangerang7.com, Tangerang – Terminal 2F Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, tengah dipersiapkan menjadi terminal maskapai penerbangan bertarif rendah atau low cost carrier terminal (LCCT). Hal itu sebagai wujud komitmen PT Angkasa Pura II (Persero) untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berkunjung ke gedung Airport Operation Control Center (AOCC) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (21/3/2019). Tujuannya, dalam rangka mempersiapkan akses udara untuk mencapai target 20 juta wisatawan mancanegara.

“Khususnya persiapan untuk mengoperasikan LCCT, karena tanpa ada LCCT sulit target tersebut tercapai. Untuk diketahui pertumbuhan LCCT di dunia itu mencapai 20 persen, sedangkan yang full service carrier itu hanya 5 persen. Kita mulai dari Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta. Diharapkan bulan Mei sudah benar-benar fully operation,” kata Arief dalam keterangan tertulis.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, persiapan menjadikan Terminal 2F sebagai LCCT telah mendapat respons positif dari Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata.

“Hari ini kami (Kemenpar dan AP II) membahas bahwa kami akan secara formal mengoperasikan Terminal 2F sebagai LCCT pada 1 Mei mendatang,” ujar Awaluddin.

Kebijakan tersebut, kata dia, sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Di mana, Jokowi menginstruksikan tiga menteri Kabinet Kerja, yakni Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Awaluddin mengatakan, strategi menjadikan Terminal 2F sebagai LCCT agar segmentasi setiap terminal berbeda. Khususnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang memiliki Terminal 1, 2, 3, bahkan sebentar lagi akan ada Terminal 4.

“Ditambah lagi akan dibangun terminal khusus umrah, sehingga perlu ada segmentasi setiap terminal. Kami sudah melaporkan kepada Menteri Perhubungan dan responsnya positif,” ujarnya.

Sementara itu, Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang menyebutkan, saat ini flow keberangkatan domestik dan internasional untuk LCCT dalam proses pengerjaan.

Mulai dari konter imigrasi, flow kedatangan, ruang karantina ikan, ruang aviation secutity, ruang custom, ruang karantina hewan dan tumbuhan, perkantoran ground handling dan K9 custom, serta pemasangan karpet pada terminal.

“Pada LCCT ini nantinya akan ada 10 maskapai yang beroperasi. Dalam waktu dekat, akan ada dua maskapai lagi yang bergabung yakni Indigo dari India dan Zandong dari Cina,” jelas Febri. (rls/mus/srh)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya