oleh

Telusuri Rekam Jejak Caleg, Teliti Sebelum Memilih

Tangerang7.com – Kurang dari dua bulan, tiba waktunya bagi masyarakat untuk memilih para wakil mereka di legislatif. Masyarakat diharapkan tidak asal pilih, dan meneliti terlebih dulu rekam jejak calon anggota legislatif dari wilayah mereka sebelum memilih saat Pemilu 2019, 17 April 2019.

Peneliti ICW Almas Sjafrina mengatakan, di Pemilu 2019, untuk pertama kalinya, masyarakat akan memilih lima kali, yaitu memilih calon presiden/wakil presiden, calon anggota DPR, calon anggota DPRD provinsi, calon anggota DPRD kabupaten/kota, dan calon anggota DPD.

Dalam memilih calon presiden/wakil presiden, mungkin masyarakat tak akan kesulitan. Sebab selain calonnya hanya dua, visi, misi, program ataupun rekam jejak dari setiap calon sudah sering diinformasikan ke publik, baik oleh media massa, calon ataupun tim sukses calon.

Kesulitan jelas akan dijumpai calon pemilih saat memilih calon anggota legislatif. Ini karena di setiap tingkatan legislatif, calon yang ada jumlahnya ratusan orang dari 16 partai politik. Apalagi di setiap suara, yang tampak hanya nama calon dan nama partai politiknya. Tidak ada foto calon.

Mengingat hingga tiba waktu pemungutan suara masih tersisa satu bulan, Almas mendorong calon pemilih meluangkan waktu guna meneliti caleg untuk wilayah mereka.

“Akan membingungkan apabila pemilih tidak mengetahui tentang siapa yang akan mereka pilih dan akan memikirkan itu ketika di TPS, waktunya juga tidak cukup,” ujar Almas. Oleh karena itu, ICW menekankan keaktifan pemilih menelusuri rekam jejak calon yang akan dipilih.

“Kami merasa sebelum ke TPS pemilih juga sudah harus tahu rekam jejak yang akan mereka pilih dan seharusnya sudah menentukan pilihan jadi di TPS tinggal milih,” ujar Almas. (t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya