oleh

Tak Berizin, DPRD Kota Tangerang Sikapi Bangunan Kavling DPR

Tangerang7.com, Pinang – DPRD Kota Tangerang menemukan puluhan bangunan tak berizin saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di kawasan Kavling DPR, Kelurahan Nerogtog, Kecamatan Pinang, Kamis 31 Oktober 2019 lalu.

Para anggota DPRD Kota Tangerang ini pun gerak cepat menyikapi persoalan ini. Selain ‘menyegel’ lokasi bangunan, mereka pun meminta aparat Pemkot Tangerang bersikap tegas. Termasuk adanya dugaan oknum ASN dan pegawai honorer bermain di persoalan ini lewat praktik percaloan.

Selain itu juga, ditemukan bangunan gudang dan kantor yang menyalahi peruntukan serta melanggar garis sempadan jalan.

Di lokasi, para wakil rakyat dari Komisi I dan pimpinan DPRD ini melakukan ‘penyegelan’ dengan cara menuliskan di tembok dengan cat yang bunyinya, ‘Disegel. Tidak Ada Izin’.

Saat sidak, ikut ke lokaai Camat Pinang Agun Djumhendi Junus, Lurah Nerogtog Hidayat Bonmat, Kabid Pengawasan Bangunan Dinas Perkim Hadi Baradin dan sejumlah anggota Satpol PP Kota Tangerang.

Anggota Komisi I DPRD Kota Tangerang Andri Permana mengatakan, DPRD segera menindaklanjuti temuan puluhan bangunan tak berizin.

“Kami berterima kasih atas peran masyarakat. Terkait teknis evaluasi kinerja kemitraan, akan kami tidaklanjuti sesuai rekomendasi pimpinan,” ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Sementara, saat sidak, Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Turidi Susanto mengkonfirmasi salah satu pemilik bangunan tak berizin.

Politisi Partai Gerindra ini meminta pemiliknya untuk mengurus administrasi perizinan.

“Kami lakukan ini menindaklanjuti laporan masyarakat. Satpol PP harus tegas dan segera segel,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang lainnya, dari Partai Golkar Kosasih mengungkapkan, setelah dilakukan cek lapangan, pihaknya mendapati bangunan yang menyalahi aturan. “Tanpa IMB dan menyalahi peruntukan. Jadi harus disegel,” tegasnya.

Kosasih juga meminta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bertindak oknum pegawai yang diduga melakukan praktik percaloan.

Sementara itu, Kabid Pengawas Bangunan (Wasbang) Perkim Kota Tangerang Hadi Baradin mengatakan, dari puluhan bangunan yang diketahui saat sidak, hanya empat pemilik bangunan yang memenuhi panggilan untuk klarifikasi kelengkapan adminstrasi perizinan.

Dari hasil klarifikasi itu, terbukti para pemilik bangunan belum memiliki IMB dan masih dalam proses. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya