oleh

Sumantri Dianugerahi Pemain Terbaik Liga Desa Nusantara 2018

LEGOK – Seri Nasional Liga Desa Nusantara 2018 resmi ditutup. Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan yakni Desa Rappang pulang dengan membawa piala Juara I. Skuat desa dari Kabupaten Sidrap itu berhasil menaklukkan tim tuan rumah, yakni Desa Cukanggalih, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Liga desa yang memasuki tahun kedua ini berlangsung sejak Selasa (27/11/2018). Liga yang merupakan salah satu program unggulan Kemendesa PDTT ini diikuti sebanyak 12 tim. Yakni tim juara hasil perjuangan sejak seri kabupaten, ke seri provinsi. Pemenang provinsi lantas lolos ke seri nasional. Liga Desa Nusantara diselenggarakan untuk pemain U-20.

Adapun besaran uang pembinaan yang diperoleh pada kejuaraan Seri Nasional Liga Desa Nusantara 2018 antara lain Desa Rappang (Sulawesi Selatan) Rp50 juta dan Desa Cukanggalih (Banten) Rp40 juta. Sementara juara tiga bersama diraih Desa Bergas Kidul (Jawa Tengah) dan Desa Pangulah Selatan (Jawa Barat), masing-masing mendapatkan uang pembinaan Rp30 juta.

Gelar Pemain Terbaik dianugerahi kepada Sumantri, pemain Desa Cukanggalih (Banten). Top Skor diraih oleh Rahmat Iskandar, pemain Desa Pangulah Selatan (Jawa Barat) itu mencetak sebanyak 3 gol selama laga. Sedangkan Tim Fair Play diberikan kepada tim Desa Sibak (Bengkulu).

Pada tahun ini, Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten mendapat kehormatan menjadi tuan rumah laga Seri Nasional LDN 2018. Kejuaraan tersebut diselenggarakan di empat lapangan, yakni Cijantra (Pagedangan), Persimura (Pagedangan), Bonek (Legok), dan Bonang (Kelapa Dua).

Meski Desa Cukanggalih sebagai perwakilan tuan rumah tidak menang di babak final, Bupati Ahmed Zaki Iskandar berharap ajang liga desa dapat melahirkan pesepakbola profesional dari desa-desa di Kabupaten Tangerang.

“Mudah-mudahan tersedia bibit-bibit andal yang selama ini tidak terpantau secara langsung tapi bisa berlaga membela desa dan bisa berlaga di tingkat nasional,” ucap Zaki.

Di kesempatan yang sama, Dirjen PPMD Kemendesa PDTT Taufik Madjid mengatakan, Seri Nasional LDN Tahun 2019 bakal diselenggarakan di 24 provinsi. “Tahun ini kita selenggarakan di 12 provinsi, kita targetkan 2019 ini akan kita laksanakan di 24 provinsi,” ujar Taufik. (mus/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya