oleh

SPPT PBB Anda Hilang? Jangan Panik

TIGARAKSA – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang terus berinovasi. Belum lama ini diluncurkan aplikasi Informasi Pajak Bumi dan Bangunan (iPBB), sehingga subjek pajak dapat dengan mudah mengetahui pajak terutangnya.

Bapenda kini kembali meluncurkan aplikasi berbasis web. Yakni Sistem Informasi Cetak PBB Online Terpadu (siCEPOT). Aplikasi ini bentuk lain dari Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB yang disampaikan melalui media elektronik pada setiap tahun pajak.

Kepala Bidang PBB dan BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan) Bapenda Kabupaten Tangerang Dwi Chandra Budiman mengatakan, untuk menjalankan aplikasi siCEPOT pengguna harus memiliki akses internet dan browser. Aplikasi ini dapat diakses melalui sicepot.tangerangkab.go.id.

“Registrasi siCEPOT ini sangat mudah, semua ada di aplikasi. Isi dengan lengkap dan benar kolom identitas pemilik atau pengelola objek pajak,” ujar Dwi saat dikonfirmasi Tangerang7.com, Kamis (15/11/2018).

Subjek pajak cukup memasukkan nomor induk kependudukan dan nama sesuai kartu tanda penduduk (KTP), sementara alamat bisa domisili. Selain ini diwajibkan mencantumkan nomor telepon seluler dan alamat surat elektronik (e-mail) yang masih aktif.

“Untuk memastikan proses registrasi pada aplikasi siCEPOT berhasil dilakukan, klik tombol login yang berada di sebelah kanan atas halaman utama aplikasi,” tandas Dwi.

Jika subjek pajak memiliki lebih dari satu objek pajak dan ingin mencetak SPPT melalui media elektronik, dapat dilakukan dengan login menggunakan user ID dan password yang sudah diregistrasi sebelumnya. Pada halaman menu dashboard tekan tombol ‘tambah’. Lalu isi form yang sudah tersedia.

“Untuk mencetak SPPT pilih informasi transaksi PBB di sebelah kanan. Klik salah satu data sehingga baris yang dipilih berubah warnanya menjadi lebih gelap, kemudian klik tombol cetak PDF untuk mencetak data SPPT,” pungkas Dwi. (srh/srh)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya