oleh

‘Si Benteng’, Sarana Transportasi Nyaman yang Menjadi Ikon Kota Tangerang

Tangerang7.com, Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang meluncurkan sarana transportasi angkutan perkotaan. Namanya familiar dan identik dengan Tangerang. Yakni, ‘Si Benteng’.

‘Si Benteng’ melayani empat rute, yakni Taman Cibodas-Situ Bulakan (PP), Gandasari-Gajah Tunggal (PP), Gajah Tunggal-Kampung Ledug (PP), dan Terminal Cimone-Pasar Lama (PP). Tiap rute ada 18 armada dan 2 armada untuk storing.

Saat ini, armada ‘Si Benteng’ yang tersedia berjumlah 80 unit. ‘Si Benteng’ diresmikan pengoperasiannya oleh Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin di GOR Dimyati pada Sabtu (10/1/2021). Sachrudin didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyudi Iskandar. Hadir sejumlah kepala OPD di lingkup Pemkot Tangerang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyudi Iskandar mengatakan, sarana transportasi ‘Si Benteng’ menjadi salah satu ikon yang dimiliki Kota Tangerang. Transportasi ini diyakini akan menjadi kebanggaan warga Kota Tangerang.

“Si Benteng merupakan sarana transportasi yang menjangkau area permukiman di sejumlah wilayah di Kota Tangerang,” kata Wahyudi, Jumat (15/1/2021).

Wahyudi menjelaskan, ‘Si Benteng’ memiliki kapasitas angkutan maksimal sebanyak 12 penumpang. Karena saat ini masa pandemi, maka jumlah penumpang dibatasi hanya 50 persennya saja.

“Untuk naik dan turun, para penumpang sudah disediakan halte di 10 titik pada tiap trayeknya,” ungkap pria yang pernah menjabat Kabag Humas Pemkot Tangerang ini.

Selanjutnya, tarif angkutan ini begitu terjangkau. Tarifnya flat, Rp 2.000. Untuk metode pembayaran angkutan, selama masa sosialisasi hingga tiga bulan ke depan masyarakat masih diperkenankan untuk membayar secara tunai.

“Nanti sopir akan memberikan struk sebagai bukti bayar, tapi disarankan untuk menggunakan non tunai,” katanya.

Sementara itu, ketika melaunching ‘Si Benteng’, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin berharap sarana transportasi ini membantu mobilitas masyarakat dan menjadi solusi mengurangi kemacetan di Kota Tangerang. “Selama satu minggu, masyarakat menikmati ‘Si Benteng’ digratiskan,” katanya.

Diinformasikan, fasilitas sarana transportasi ini pas dengan kebutuhan masyarakat. Pendingin udara serta pengisian daya ponsel di tiap unit angkutan secara cuma-cuma. Penumpang bisa charge handphone kalau habis baterai. (adv/t7)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *