oleh

Setelah Warna-warni di Kampung Kita Tanah Tinggi

Tangerang7.com, Tangerang – Tren penataan perkampungan dengan mengecat tembok berwarna-warni sedang digandrungi masyarakat. Dengan kreativitas warga, kampung yang semula bertembok suram, kini lebih berwarna.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah melaunching destinasi wisata Kampung Kita di RW 11 Kelurahan Tanah Tinggi, Tangerang, Kota Tangerang, Sabtu (02/02/2019). Warga menamakannya dengan akronim KPK, singkatan dari Kampung Kita.

Dalam peluncuran KPK Tanah Tinggi itu Arief berharap masyarakat lebih semangat lagi untuk berbenah supaya kampungnya lebih nyaman, layak huni dan bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat termasuk warga dari luar Kota Tangerang.

“Lurah beserta jajarannya harus terlibat, seniman, bapak-bapak, ibu-ibu dan anak-anak di masyarakat Tanah Tinggi juga agar lebih semangat lagi untuk pembenahan KPK,” pesan Arief.

Arief juga menjelaskan sudah memberikan instruksi kepada satuan kerja perangkat daerah jika ada tamu yang berkunjung supaya bisa diajak ke tempat-tempat pariwisata di Kota Tangerang. Yang nantinya mereka juga bisa tahu potensi masyarakat dan kelebihan masyarakat Kota Tangerang dibandingkan daerah-daerah lainnya.

“Kita buktikan meskipun masyarakat kaum urban tapi mampu guyub bersatu membenahi dengan semangat gotong royong,” kata Arief.

Destinasi wisata Kampung Kita Tanah Tinggi yang tepat berada di samping jalur kereta Bandara Soekarno Hatta menjadi salah satu peluang untuk menarik wisatawan. Karena menurut Arief lokasi Kampung Kita Tanah Tinggi tidak jauh dari Stasiun Batu Ceper.

“Tulis aja misal Kampung Kita Tanah Tinggi destinasi wisata mantep jasa Kota Tangerang. Jadi orang ngeliat pas di kereta kan penasaran,” jelasnya.

1.000 Kampung Menanti

Ia juga menyampaikan akan menargetkan dalam kurun waktu 5 tahun ke depan mewujudkan 1.000 kampung lainnya setelah Kampung Kita Tanah Tinggi.

Pada kesempatan tersebut, Arief juga mencontohkan keberhasilan Kampung Bekelir di Kelurahan Babakan dan telah mendapatkan penghargaan nasional dari Pemerintah Pusat.

“Saya rasa tahun ini nomor satunya Kampung Tanah Tinggi,” imbuh Arief yang diiringi tepuk tangan warga.

Lurah Tanah Tinggi Hadi Ismato atau kerap dipanggil Bang Boy menyampaikan harapannya terhadap KPK Tanah Tinggi. Dia menginginkan setelah menjadi lebih berwarna, kampung ini dapat mengangkat perekonomian warganya.

“Jadi nggak cuma diwarnai terus selesai begitu aja. Tapi ditumbuhkan peluang usaha,” katanya.

Dia merancang akan membangun sentra usaha untuk semakin menarik kunjungan.

“Konsepnya penataan sisi saluran di atasnya misal dibuatkan tenda-tenda untuk usaha berjualan masyarakat,” ucap Bang Boy.

Bang Boy juga sudah membicarakan soal perizinan lahan kepada PT Kereta Api Indonesia. Dia berharap warganya diperbolehkan mendirikan bangunan tidak permanen guna mendukung program KPK.

“Harapan saya dengan mengubah kampung yang dulunya kumuh menjadi Kampung Wisata bisa membawa manfaat ke depannya untuk warga, karena Tanah Tinggi yang dulu beda dengan Tanah Tinggi yang sekarang,” harapnya.

Sebagai informasi, Kampung Kita Tanah Tinggi ini dihiasi oleh beragam mural dan grafiti di sepanjang tembok lintasan jalur kereta bandara sepanjang 2 kilometer.

Selain itu, nantinya kampung ini akan ditanamani berbagai pohon dengan konsep wisata agro hidroponik dengan mengembangkan kelompok wanita tani dan beragam produk UMKM warga.  (orn/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya