oleh

Seri Nasional Liga Desa Nusantara 2018 Bergulir di Tangerang

KELAPA DUA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) menunjuk Kabupaten Tangerang jadi tuan rumah kompetisi sepakbola Seri Nasional Liga Desa Nusantara 2018. Pembukaan digelar di Fame Hotel, Kecamatan Kelapa Dua, Selasa (27/11/2018).

Hadir Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kemendesa PDTT Taufik Madjid, didampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Anggota PSSI Provinsi Banten Yudo Hadianto.

Taufik Madjid menjelaskan, Liga Desa merupakan salah satu program unggulan Kemendesa PDTT, yakni membangun desa melalui olahraga dan pemuda. “Saya harap dengan liga yang kami adakan secara perdana berskala nasional ini, ke depannya bisa berlanjut dan bisa seperti Liga 1 dan 2,” imbuh dia.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melakukan pemukulan gong. (Foto : Mus Mulyadi/Tangerang7.com)

Seri Nasional Liga Desa Nusantara 2018 diikuti 12 tim juara mewakili provinsi masing-masing. Terdiri dari Nagari Bawan (Sumatera Barat), Pematang Rahim (Jambi), Sobak (Bengkulu), Cukanggalih (Banten), Pangulah Selatan (Jawa Barat), Bergas Kidul (Jawa Tengah), Rajawali Pulung Sari (Kalimantan Timur), Rappang (Sulawesi Selatan), Tateli Tiga (Sulawesi Utara), Ampera (Nusa Tenggara Timur), Amasing Kota (Maluku Utara), dan Kele’i (Sulawesi Tengah).

Tim juara merupakan hasil perjuangan sejak seri kabupaten, ke seri provinsi. Pemenang provinsi lantas lolos ke seri nasional. Liga Desa Nusantara diselenggarakan untuk pemain U-20.

Kompetisi ini berlangsung hingga 30 November 2018 yang terbagi dalam tiga grup. Digelar di empat lapangan wilayah Tangerang antara lain Lapangan Bonek Legok, Lapangan Cijantra Pagedangan, Lapangan Persimura Pagedangan, dan Lapangan Stadion Utama Bojong Nangka (Kelapa Dua).

“Kita sengaja pilih Tangerang untuk penyelenggaraan perdana ini, karena kita lihat ada semangat yang cukup kuat dari setiap desa di Tangerang dan insyaallah ini jadi contoh untuk desa di provinsi lain untuk memajukan sepakbola dari desa,” jelas Taufik Madjid.

Sementara Zaki berharap liga desa menjadi ajang silaturahmi antar desa di seluruh Indonesia. Sebagai tuan rumah,

“Semoga terselenggaranya Seri Nasional Liga Desa Nusantara 2018 di Kabupaten Tangerang ini dapat memotivasi desa-desa lain untuk lebih semangat lagi dalam membangun sepakbola khususnya di Kabupaten Tangerang,” tandas Zaki. (mus/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya