oleh

Sempat Dibanggakan Pemkot, Angkutan Si Benteng Disorot Mahasiswa

Tangerang7.com, Tangerang – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Tangerang Raya, gelar aksi unjuk rasa di depan kantor Pemerintahan Kota Tangerang. Aksi ini dilakukan terkait mangkraknya angkot super mewah Si Benteng di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang.

Dalam aksinya, HMI cabang Tangerang Raya menuntut Pemkot Tangerang agar secepatnya mengevaluasi kinerja Dinas Perhubungan Kota Tangerang. Selain itu, mendesak Aparat Penegak Hukum (APH) untuk menyelidiki kasus mangkraknya angkot Si Benteng yang diduga adanya praktik korupsi.

Koordinator aksi Rafly Ramadan menyatakan, Pemkot Tangerang dinilai tidak melakukan kajian secara komprehensif dalam proses pengadaan barang dan jasa, sehingga menimbulkan mobil Si Benteng menjadi mangkrak. Serta tidak adanya akuntabilitas, responsif, efektif, efisien, dan transparansi dalam pengelolaan anggaran.

Rafly menilai, angkutan umum yang sempat dibangga-banggakan oleh Pemkot Tangerang ini, belum ada kejelasan kapan bisa beroperasi.

“Dalam proses anggarannya seperti data dari LPSE Kota Tangerang, data tersebut nilai kontrak pengadaan sebesar Rp.15.180.000.000 pada tahun 2019, yang dilakukan Dinas Perhubungan Kota Tangerang dengan pemenang lelang PT. Restu Mahkota,” cetus Rafly.

Dalam pagu anggaran yang disediakan sebesar Rp.15.200.000.000, kata Rafly, sangat tipis dengan harga penawaran yang kemudian menjadi nilai kontrak yaitu Rp.15.180.000.000. Jelas ini menyalahi prinsip efisiensi berdasarkan pasal 6 Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

“Sepatutnya antara pagu yang disediakan memiliki interval yang jauh dengan nilai kontrak,” tegasnya.

Padahal Si Benteng, menurut dia, sangat dinantikan oleh masyarakat untuk mengurangi kemacetan di Kota Tangerang.

“Ke tidak komprehensifnya kajian perencanaan mobil Si Benteng itu tercermin dari buruknya perencanaan. Belum disiapkannya landasan hukum dan skema pengelolaan Si Banteng,” tukasnya.

Pantauan di lokasi, puluhan mahasiswa lakukan aksinya hingga membakar ban. (jebe/set)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *