oleh

Sekitar 300 Lahan Sekolah di Kabupaten Tangerang Tak Bersertifikat

Tangerang7.com, Tigaraksa – Ratusan lahan sekolah di Kabupaten Tangerang hinggi kini belum memiliki sertifikat. Dahulu ada 470 bangunan sekolah berdiri di atas tanah yang belum ada tanda bukti kepemilikan. Paling banyak bangunan sekolah dasar dan sebagian sekolah menengah pertama.

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tangerang tengah menginventarisasi sekolah-sekolah yang belum memiliki sertifikat. “Ya, data terakhir ada 470 sekolah. Tetapi sekarang sudah semakin berkurang, sekitar 300 sekolah,” kata Kabid Aset BPKAD Kabupaten Tangerang Fahmi Faisuri, Sabtu (23/3/2019).

BPKAD terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang agar penerbitan sertifikat di seluruh sekolah tersebut dapat tuntas dalam waktu cepat. “Kita upayakan secepatnya agar sekolah di Kabupaten Tangerang semuanya memiliki sertifikat,” ucap Fahmi.

Sebelum pengurusan sertifikat di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tangerang, pihak sekolah dan dinas pendidikan terlebih dahulu mengumpulkan semua surat dan persyaratan lainnya. Fahmi berharap, persoalan sertifikat ratusan sekolah itu dapat diselesaikan dalam kurun hingga 2020 nanti.

“Terkait IMB (izin mendirikan bangunan) itu tupoksi DPMPTSP (dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu), kewenangan membangun ya di dinas tata ruang dan bangunan,” pungkas Fahmi.

Sementara itu, Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Fahrudin belum mengetahui jika ada bangunan SMP yang berdiri di atas tanah belum bersertifikat. Sejauh ini juga belum ada tuntutan dari masyarakat terkait klaim kepemilikan lahan yang sudah dibangun SMP.

“Kalau pencatatan aset ya di BPKAD, saya belum tahu ada atau tidak (yang belum bersertifikat). Namun sampai saat ini belum ada gugatan terkait lahan dan bangunan SMP di Kabupaten Tangerang,” ucap Fahrudin. (t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya