oleh

Sehari Menjelang May Day, Jokowi Kunjungi Buruh di Cikupa

Tangerang7.com, Cikupa – Sehari menjelang Hari Buruh Internasional, Presiden Joko Widodo mengunjungi buruh di salah satu pabrik sepatu di Cikupa, Kabupaten Tangerang, Selasa (30/04/2019). Dalam kesempatan itu, Jokowi makan bersama buruh di aula pabrik.

Sesampai di pabrik, Jokowi disambut jajaran pimpinan PT KMK Global Sport. Selanjutnya, Jokowi meninjau pabrik pembuatan sepatu. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga disambut para buruh yang mayoritas adalah perempuan.

Dilansir laman setkab.go.id, setelah menyapa para buruh sambil berulang kali melayani swafoto, Jokowi kemudian makan bersama dengan buruh di aula pabrik. Aula pabrik tersebut adalah tempat makan sehari-hari buruh.

Menu makan siang Jokowi sendiri sama dengan yang dimakan para buruh. Yakni nasi sayur sop ayam dengan lauk tempe goreng dan telur ayam rebus. Dia menilai enak makanan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengaku sempat bertanya-tanya kepada para buruh, di mana ada yang sudah bekerja di perusahaan itu 15 tahun, 20 tahun, bahkan ada yang 23 tahun.

“Artinya, menurut saya atmosfer lingkungan yang ada di PT KMK ini saya kira memberikan sebuah atmosfer yang baik, lingkungan yang baik pada karyawan. Ada kliniknya yang saya kira  juga sangat bagus,” ujar Jokowi.

Demikian juga soal gaji, menurut Jokowi, dirinya sempat menanyakan masalah itu kepada para buruh. “Rp3.900.000, wah saya kira sudah…,” ucapnya.

Jokowi menjelaskan, yang paling penting itu meningkatkan produktivitas lewat rescaling, upscaling. Sehingga, kalau sudah produktif perusahaan itu menggaji lebih tinggi mampu. Karena produktifitasnya juga menyangkut produksi berapa yang dihasilkan.

“Kalau yang dihasilkan naik, saya kira menggaji, gajinya dinaikkan tidak ada masalah, ya,” tuturnya.

Jokowi makan bersama dengan buruh. Kanan-kiri dan depan belakangnya adalah buruh yang juga sedang makan. Setelah selesai makan, Jokowi kembali menyapa ribuan buruh yang sudah berkerumun dan mengular ingin bersalaman dan berswafoto sebelum akhirnya berpamitan untuk kembali ke Istana Negara di Jakarta. Jokowi berkunjung di pabrik sepatu tersebut sekitar 2 jam.

Pabrik sepatu tersebut adalah investasi bersama pemodal dari Korea Selatan dan Taiwan. Total jumlah buruh di pabrik itu sekitar 12.000 orang. Selama beberapa tahun terakhir, pabrik sepatu tersebut menjadi produsen sepatu merek terkenal di dunia dengan pemasaran antara lain ke Amerika Serikat.

Dalam kesempatan itu Kepala Negara menyampaikan harapannya agar Peringatan Hari Buruh atau May Day, Rabu (01/05/2019) besok, berjalan dengan baik, dengan kegembiraan, dan semuanya kondusif.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (t7)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya