oleh

Satu Pelaku Pembunuhan Driver GrabCar Masih Diburu Polisi

TIGARAKSA – Dua dari tiga pelaku pembunuhan seorang pengemudi (driver) GrabCar atas nama Jap Son Tauw, di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, ditangkap pihak kepolisian. Yakni FF (17) dan REH (22). Keduanya ditangkap di tempat dan waktu berbeda.

Penangkapan FF di daerah Sunter, Tanjung Priuk Jakarta Utara, Jumat (9/11/2018). Sedangkan REH (22) ditangkap di Banjarnegara, Jawa Tengah, Senin (12/11/2018). Satu pelaku lainnya berinisial RLP masih dalam pengejaran polisi.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif mengatakan, kedua pelaku dijerat Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana. Pasal itu diterapkan berdasarkan hasil penyelidikan yang menunjukkan para tersangka sudah merencanakan aksi itu dengan matang.

“Para tersangka sudah menyiapkan pisau, tali penjerat, karung, dan bahkan batu yang digunakan sebagai pemberat. Ini artinya, aksi para tersangka sudah direncanakan,” kata Sabilul dalam keterangan pers, Senin (12/11/2018).

Ia mengatakan, semua tersangka merupakan otak pembunuhan sadis tersebut. Hal ini berdasarkan pengakuan para tersangka yang melakukan tindakan terencana.

“Jadi ada tersangka yang menghunuskan pisau, mencekik korban, dan memegangi. Dari kronologis itu, semua tersangka perannya adalah tersangka utama,” jelas Sabilul.

Motif para tersangka adalah melakukan perampokan mobil. Usai melakukan aksi, penadah yang dijanjikan tidak bisa dihubungi. Sehingga para tersangka meninggalkan mobil itu di wilayah Pakuhaji, Kabupaten Tangerang.

“Yang dibawa para tersangka hanya telepon genggam korban dan dompet,” tutur Sabilul.

Kepada polisi, kedua tersangka mengaku nekat melakukan aksi itu karena kebutuhan ekonomi. Saat ini penyidik terus melakukan pendalaman untuk mengungkap kemungkinan para tersangka terhubung ke sindikat spesialis perampok taksi online.

“Para tersangka diperiksa intensif dan dikonfrontir untuk mendapatkan keterangan sebagai bahan pengembangan kasus ini. Satu pelaku masih buron,” pungkas Sabilul.

Selain FF dan REH, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Antara lain 1 buah kemeja warna ungu bercorak garis-garis, 1 buah celana panjang bahan kain warna cokelat, 1 buah tali pinggang warna hitam, 1 buah celana dalam warna biru, 1 utas tali tambang, dan 1 buah karung plastik berisikan batu coran.

Polisi juga mengamankan mobil korban yang ditemukan di daerah Pakuhaji. Mitsubishi Mirage nopol B-2743-BFE, warna hitam. Di dalam mobil terdapat 1 dompet warna hitam berisikan STNK mobil, 1 buah kunci kontak mobil, 1 bilah pisau bergagang kayu warna hitam, dan 1 unit smartphone. (rls/mus/srh)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya