oleh

Sampah Tertumpuk di Kawasan Medang Lestari, Warga dan TNI Kerja Bakti

Tangerang7.com, Pagedangan – Kawasan Perumahan Medang Lestari, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, tampak kumuh. Bagaimana tidak, pada permukiman elite ini terdapat sejumlah tempat orang berjual beli dan penuh dengan tumpukan sampah.

Sampah di lahan fasilitas umum dan fasilitas sosial tersebut sangat mengganggu aktivitas dan kesehatan warga setempat. Keadaan semrawut itu mengundang perhatian warga sekitar. Warga RT 07/07 Perumahan Medang Lestari bersama puluhan anggota TNI melakukan kerja bakti.

Para anggota TNI itu berasal dari kesatuan Batalyon Artileri Pertahanan Udara 1/Purwa Bajra Cakti dan Komando Rayon Militer 03/Legok. Satu unit alat berat dan tiga unit truk dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang menjadi alat utama mengangkut sampah.

Kerja bakti massal ini dilakukan pada Sabtu (4/8/2019) lalu dan dipantau oleh Lurah Medang Muhammad Tarlan. Hadir Babinsa Medang Pelda Sujana, Kepala Bhabinkamtibmas Medang Serka Arif, Ketua Forum Kebersamaan Masyarakat Medang Lestari (Forkemas) Indra Setiawan, tokoh masyarakat Medang Kolonel CKU (Purn) Gatot Soepeno dan Yohanes, dan Pengurus RW 07 Sapto Kiswoyo.

Ketua RT 07/07 Medang Marsudi Sutrapsilo mengatakan, warga Perumahan Medang Lestari sudah bertahun-tahun memperjuangkan agar lahan tersebut tidak dijadikan tempat berdagang dan pembuangan sampah, namun sempat mengalami kendala dan penuh liku. Perjuangan warga pun terwujud pada kegiatan bersama tersebut.

“Sudah lama sampah ini tidak diangkut, warga terganggu. Kami mengajak TNI untuk bersama-sama membersihkan. Kami sangat terbantu dengan TNI yang begitu sigap membantu masyarakat,” kata Marsudi.

Saat ini, lokasi itu sudah terlihat rapi dan bersih. Warga berencana menjadikan lahan tersebut sebagai taman olahraga dan bermain anak.

Ketua Forkemas Indra Setiawan merasa bangga dengan bangkitnya semangat masyarakat terhadap lingkungan. “Kepedulian masyarakat untuk kenyamanan dan penataan lingkungan makin muncul. Saya berharap semangat ini terus dijaga, bahkan ditingkatkan,” kata Indra.

Sementara itu, Komandan Peleton Letnan Dua Arh Adi Wibowo mengatakan, kerja bakti massal tersebut merupakan bentuk karya bakti TNI untuk masyarakat. “Kami bersyukur kegiatan berjalan lancar. Kami hanya memberi contoh dan membantu,” ujar dia.

Kepala Bhabinkamtibmas Serka Arif menegaskan, aparat kepolisian siap memback up dalam segi ketertiban dan keamanan masyarakat. “Kami berkewajiban menjaga wilayah agar tetap nyaman, aman, dan tertib. Semua harus taat aturan,” kata Arif. (kam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya