oleh

Rudi Maesyal Ancam Sanksi Tegas ASN Tidak Netral pada Pemilu 2019

Tangerang7.com, Tigaraksa – Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mewanti-wanti seluruh aparatur sipil negara atau ASN untuk netral pada Pemilu 2019. Tak terkecuali pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Tangerang, agar tidak masuk ranah politik.

Pria yang akrab disapa Rudi Maesyal itu mengatakan, netralitas ASN dalam pemilu diatur dalam undang-undang dan peraturan pemerintah. Antara lain Undang-Undang Nommor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, serta Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Di tingkat Kabupaten Tangerang, telah diterbitkan Surat Edaran Bupati Tangerang Nomor 800/4998-BKPSDM/2018 tentang larangan keterlibatan ASN, kepala desa, perangkat desa, anggota BPD serta RT/RW dalam kegiatan kampanye pemilu tahun 2019.

“Kita tidak bisa secara sembarang melakukan aksi dukung mendukung, karena ada sanksi hukum bagi para ASN yang tidak netral,” ujar Rudi Maesyal saat memimpin Rakor Persiapan Pemilu 2019 di GSG Puspem Kabupaten Tangerang, Rabu (20/3/2019).

Menurutnya, ASN ditakdirkan sebagai pelayan masyarakat. Ranah politik itu di luar kewenangan para ASN. Sanksi tegas akan menanti ASN yang tidak netral sampai pemungutan dan penghitungan suara Pilpres dan Pileg pada 17 April mendatang.

“Jadi bukan bidang kita untuk melakukan kegiatan politik dan politisasi dalam pemilu mendatang. Ketika kita sudah menyampaikan ini, apabila masih ada yang membandel maka sanksi tegas akan dijatuhkan kepada yang bersangkutan,” tandas Rudi Maesyal.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang Ahmad Surya Wijaya mengatakan, tim pertimbangan jabatan ASN selalu menunggu keputusan hukum pelanggaran netralitas ASN sebelum menjatuhkan sanksi. Sanksi dijatuhkan setelah ada proses hukum dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Gakkumdu itu tim gabungan panwas, kesbangpol, KPU, kejaksaan, dan kepolisian sebagai ketua timnya,” kata Surya melalui pesan WhatsApp. (sly/srh)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya