oleh

Rp9 Triliun untuk Pengembangan Bandara Soekarno-Hatta

Tangerang7.com, Tangerang – Pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai dikerjakan. Terdiri dari pembangunan gedung pelayanan angkutan moda terpadu (intergrated building), peningkatan aksesibilitas, revitalisasi sub terminal 1C, dan revitalisasi sub terminal 2F. PT Angkasa Pura II (Persero) mengucurkan dana sebesar Rp9 triliun untuk proyek tersebut.

Keempat proyek itu dikerjakan perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Di mana, pembangunan integrated building dilakukan PT Hutama Karya (Persero), peningkatan aksesibilitas dilakukan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, revitalisasi sub terminal 1C dikerjakan PT PP (Persero) Tbk, dan revitalisasi sub terminal 2F dikerjakan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek-proyek tersebut dilakukan oleh Menteri BUMN Rini Soermano, Jumat (5/4/2019). Rini mengatakan, revitalisasi terminal Bandara Soekarno-Hatta mendesak dilakukan. Pasalnya, penumpang yang mengunjungi Bandara Soerkarno-Hatta telah jauh melampaui kapasitas fasilitas terbangun.

Rini menargetkan pembangunan proyek itu akan selesai pada 2022 mendatang. Ia berharap penyelesaian revitalisasi terminal 1C dan 2F menampung 18 juta penumpang. “Saya sangat senang. Dulu manajemen sebelumnya kalau saya paksa mau investasi tidak ada, tidak mau,” kata Rini seperti dikutip dari cnnindonesia.com.

Saat ini kapasitas terminal 1C dan 2F Bandara Soekarno-Hatta masing-masing mencapai 3 juta orang. “Jadi, alhamdulillah 2022 penumpang yang melalui Bandara Soetta dengan (pengembangan) ini saya rasa makin meningkat,” ujar Rini.

Ia berharap pengembangan yang dilakukan tersebut nantinya bisa membuat Bandara Soekarno-Hatta mampu bersaing di kancah internasional. “Saya yakin Bandara Soetta jadi salah satu bandara terbaik di dunia dan juga teramai, saya harapkan. Kalau di Asia Tenggara saya rasa akan yang teramai ya,” pungkas Rini. (t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *