oleh

Puting Beliung Rusak 380 Bangunan di Mauk

12 Unit Rusak Total

Tangerang7.com, Mauk – 380 bangunan di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, rusak diterjang puting beliung. Terdiri dari 12 unit rusak total, 78 unit rusak berat, dan 290 unit rusak ringan.

Selain ratusan rumah dan bangunan lainnya rusak, empat warga juga mengalami luka-luka akibat puting beliung pada Kamis (12/12/2019) pukul 10.00 WIB. Keempat korban dalam perawatan medis.

Berdasarkan data dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, Jumat (13/12/2019), ada lima desa di Kecamatan Mauk terkena dampak puting beliung. Yakni Tegal Kunir Lor, Tanjung Anom, Sasak, Banyu Asih, dan Gunung Sari.

Adapun bangunan rusak berjumlah 380 unit. Di mana, di Tegal Kunir Lor 1 unit rusak total, 7 unit rusak berat, dan 125 unit rusak ringan; di Tanjung Anom 10 unit rusak total, 54 unit rusak berat, dan 19 unit rusak ringan.

Di Sasak 9 unit rusak berat dan 47 unit rusak ringan; di Banyu Asih 1 unit rusak total, 5 unit rusak berat, dan 20 unit rusak ringan, serta di Gunung Sari 3 unit rusak berat dan 79 unit rusak ringan.

Beberapa saat setelah kejadian, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar langsung meninjau lokasi terkena dampak. Dia didampingi oleh Camat Mauk Arif Rahman dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang Bambang Sapto.

Zaki mengatakan, berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, saat ini rawan terjadi bencana alam akibat pergantian musim. Orang nomor satu di kabupaten berjuluk kota seribu industri ini pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada.

“Karena ini perubahan cuaca dan ada beberapa hari nanti ke depan yang cuacanya masih dalam kondisi cukup ekstrem. Jadi, saya berharap semuanya bisa siaga terlebih dahulu, kita mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi,” ujar Zaki.

Pemerintah Daerah Kirim Bantuan

Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang, Dinas Sosial Kabupaten Tangerang, Kecamatan Mauk, dan Palang Merah Indonesia Kabupaten Tangerang, terus membantu korban terkena dampak puting beliung di Kecamatan Mauk.

“Saat ini kita masih melakukan pengecekan dan pendataan secara menyeluruh terkait kerusakan yang dialami oleh warga,” kata Sekretaris Kecamatan Mauk Cucu Abdurosyid dalam keterangan tertulis.

Meski diterjang bencana alam, namun Cucu bersyukur karena tidak ada korban jiwa. Dalam peristiwa tersebut empat warga mengalami luka ringan akibat terkena serpihan bangunan.

“Semua korban akan mendapat bantuan sesuai dengan klasifikasi kerusakannya, baik rusak ringan, rusak berat, maupun rusak total,” ujar dia.

Untuk penanganan lebih lanjut terhadap korban puting beliung tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang terus berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Mauk.

“Tadi pagi kami sudah melakukan pengiriman bantuan berupa makanan jadi, siang ini kami sudah menyiapkan bantuan logistik dan pendirian dapur umum untuk korban,” ujar Kepala Sub Bidang Pengendalian Bantuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang Mashudi.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tangerang mengirimkan bantuan selimut dan logistik lainnya. Selain itu, pemerintah daerah setempat mendirikan tenda sebagai penampungan sementara. (rls/*)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya