oleh

Puskesmas Ujung Tombak Penanganan Gangguan Jiwa

Tangerang7.com, Tangerang – Puskesmas bisa dijadikan sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama menjadi ujung tombak penanganan gangguan jiwa maupun skizofrenia. Penanganan ini meliputi penemuan kasus, inisiasi pengobatan dini, dan memastikan keberlanjutan pengobatan pasien. Untuk itu, kompetensi tenaga kesehatan di puskesmas terkait kesehatan jiwa perlu ditingkatkan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), skizofrenia adalah jenis gangguan jiwa parah. Gejalanya ditandai banyaknya gangguan pikiran, memengaruhi bahasa dan persepsi. Orang dengan skizofrenia kerap disertai pengalaman psikotik seperti mendengar suara atau delusi.

Dilansir Kompas.id, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia Eka Viora menyatakan, layanan kesehatan jiwa tak bisa hanya dilakukan psikiater atau dokter spesialis kedokteran jiwa karena jumlahnya amat terbatas.

”Jumlah ini amat sedikit. Untuk itu, perlu penguatan layanan kesehatan primer agar warga tetap mendapat akses layanan kesehatan jiwa bermutu. Perlu dipastikan kompetensi dokter di puskesmas dalam menangani orang dengan gangguan jiwa. Sebab, butuh upaya komprehensif dalam menangani orang dengan skizofrenia,” ujarnya.

Di Kota Tangerang, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) masih bermunculan. Mereka kebanyakan berasal dari keluarga yang tidak mampu dan telantar.

Kepala Seksi Rehabilitasi Anak dan Lanjut Usia Dinas Sosial Kota Tangerang Anta Ahmad mengatakan kali terakhir pihaknya mengirim 15 warga kota yang mengalami gangguan jiwa ke Rumah Sakit Jiwa Grogol, Jakarta.

“Untuk tahun ini terkait ODGJ ada 15 orang,” kata Anta, Kamis (16/5/2019).

Menurut Anta, nantinya warga Kota Tangerang yang sudah membaik dari perawatan di Rumah Sakit Jiwa Grogol akan dikembalikan dan direhabilitasi di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) milik Pemkot Tangerang.

“Setelah sembuh, baru kami tampung di RPS sini,” ujarnya. (odo/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya