oleh

Program Cerdik, Upaya Tangani Penyakit Tidak Menular

Tangerang7.com, Tigaraksa – Dalam menangani penyakit tidak menular (PTM), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang mampunyai program ‘Cerdik’ sebagai slogan pola hidup sehat warga.

Cerdik memiliki arti Cek kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres.

Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular Bidang Pencegahan dan Pengendalian Pengakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Mochmad Bachtiar mengatakan, untuk sosialisasi program ini pihaknya selalu menginformasikan kepada masyarakat saat menggelar kegiatan.

“Setiap kita kegiatan, masyarakat harus berprilaku Cerdik,” terang Bachtiar kepada Tangerang7.com di kantor Dinkes Kabupaten Tangerang, Jumat (13/9/2019).

Adapun jenis-jenis PTM yakni hipertensi, obesitas, diabetes melitus, asma, penyakit jantung, stroke, PPOK, osteoporosis, gagal ginjal kronik, kanker payudara dan kanker leher rahim.

Selanjutnya, dari data Riset Kesehatan Dasar (Rikesdas) untuk PTM secara nasional dan daerah kabupaten/kota Bachtiar mengatakan, mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Jika secara nasional sebelumnya 25,8 persen sekarang naik menjadi 34 persen. Sedangkan untuk tingkat kabupaten/kota 23,4 persen menjadi 31 persen.

“Naiknya lumayan. Itu karena sering mengonsumsi makan atau minum yang mengandung gula dan garam,” jelasnya.

Ia menyarankan masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat seperti rutin mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, menerapkan minimal 10.000 langkah per hari untuk berjalan kaki serta mengecek kesehatan secara rutin.

“Bagi yang sehat minimal cek satu tahun sekali. Jika yang menyandang seperti hipertensi dan lainnya satu bulan sekali,” katanya. (odo/kam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya