oleh

PPDB Dimulai Awal Juli, Sistem Zonasi Diperluas

Tangerang7.com, Tangerang – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP negeri di Kota Tangerang segera dimulai awal Juli 2019. Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Abduh Surahman menjelaskan, calon siswa baru lulusan sekolah dasar (SD) dan bertempat tinggal di lingkungan suatu SMP negeri di wilayah Kota Tangerang saat ini sudah otomatis bisa langsung terdaftar.

“Untuk masuk SMP di Kota Tangerang baru akan dimulai awal Juli. Di mana sistemnya adalah untuk wilayah di sekitar sekolah misalnya RW 01 sampai RW 05 itu otomatis bisa langsung masuk ke sekolah yang dituju,” kata Abduh kepada wartawan, Kamis (13/6/2019).

Selanjutnya, untuk calon peserta didik yang ingin mendaftarkan diri di luar zonasi tersebut atau yang berniat mendaftarkan diri ke sekolah yang wilayahnya jauh dari tempat tinggal harus bersaing nilai terlebih dahulu untuk dapat masuk.

“Dengan sistem seleksi berdasarkan nilai sebagai langkah yang kedua kebetulan beda wilayah kelurahan dari wilayah kecamatan masih bisa daftar ke sekolah yang dituju dengan catatan tentu nilai dia harus mampu bersaing dengan nilai peserta lain,” ujarnya.

PPDB yang nantinya akan dilakukan secara online ini akan berjalan mulai 1 hingga 15 Juli 2019. Dinas Pendidikan  Kota Tangerang sedang menyusun petunjuk teknis (juknis) terkait PPDB untuk menyiapkan jalur penerimaan zonasi atau reguler, prestasi dan perpindahan orangtua.

Dalam juknis yang direncanakan rampung pada sepekan mendatang itu, Dinas Pendidikan lebih memperhatikan sistem zonasi yang penerimaannya mencapai 90 persen.

Pelaksanaan PPDB online tingkat SMP diterapkan berdasarkan Permendikbud No 51/2018 tentang PPDB. Aturan tersebut dilaksanakan sepenuhnya di semua sekolah. Sosialisasi pun akan dilaksanakan Dinas Pendidikan setelah juknis PPDB disahkan dalam waktu sepekan mendatang.

Dalam Permendikbud tersebut dijelaskan mengenai aturan pelaksanaan PPDB online tingkat SMP mengacu pada tiga jalur penerimaan. Jalur pertama yakni zonasi atau reguler, kedua prestasi dan ketiga perpindahan orangtua.

Di luar itu, Dinas Pendidikan Kota Tangerang juga mengakomodasi siswa dari keluarga kurang mampu dalam program Tangerang Cerdas.

Pada PPDB tahun 2018, sistem PPDB di Kota Tangerang sempat dipermasalahkan oleh warga dan orangtua yang berdemonstrasi karena anak didiknya tidak diterima walau jarak rumahnya dekat dengan sekolah. Sehingga sistem zonasi tahun ini pun akan diperluas oleh Dinas Pendidikan Kota Tangerang.

Selain itu, zonasi juga akan diperluas hingga skala besar. Sebab seperti di wilayah Kecamatan Pinang hanya terdapat satu sekolah negeri yaitu SMPN 23 Tangerang. Sementara di wilayah Kecamatan Tangerang terdapat 7 sekolah negeri. (odo/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya