oleh

Posko PPKM Skala Terbawah di Desa Pondok Jaya Terbentuk

Tangerang7.com, Sepatan – Guna menekan penyebaran covid-19 dan upaya pengendalian pandemi covid-19 agar lebih tepat sasaran pada tingkat terbawah, Pemerintah Desa Pondok Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang mendirikan pos komando (posko) pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di tingkat terbawah, yakni RT dan RW.

Kepala Seksi Pemerintahan Desa Pondok Jaya Dodi Sutisna mengatakan, Posko PPKM Mikro tingkat RW didirikan mulai 14 Februari 2021.

“Pembentukan Pos PPKM Mikro sesuai dgn S PPKM yang diikeluarkan Pak Kades,” katanya, Kamis (3/3/2021).

Camat Sepatan Dadang Sudrajat bersama Kapolsek Sepatan AKP I Gusti Moh Sugiarto menyerahkan masker kepada Kepala Desa Deri Dermawan di Posko PPKM Mikro di desa Pondok Jaya Kecamatan Sepatan

Posko PPKM tingkat RW ini adalah untuk menerima laporan masyarakat jika ada keluarga yang terpapar covid-19 di lingkungannya, agar segera cepat tertangani.

PPKM tingkat RW terdiri dari unsur kepala dusun, ketua/pengurus RW, ketua/pengurus RT, pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa, kader Posyandu, karang taruna, tokoh masyarakat, dan Satlinmas.

Tugas masing-masing memonitoring dan melaporkan warganya jika ada yang terpapar covid-19. Agar masyarakat tidak menjauhi dan mengucilkan.

Kata Dodi, karena stigma masyarakat jika ada masyarakat yang reaktif dan diisolasi mandiri warga yang terpapar covid-19 akan dijauhi. Peran serta Pos PPKM tingkat RW yang akan menangani.

“Sejumlah unsur yang tergabung di dalam ini akan memonitoring serta memenuhi kebutuhan masyarakat yang terpapar covid-19 ini,” tandas Dodi.

Kata Dodi, sejauh ini warga Desa Pondok Jaya sudah merespons dengan adanya Posko PPKM yang telah didirikan. Dengan adanya Posko PPKM ini diharapkan masyarakat lebih terbuka lagi jika terpapar covid-19, supaya lebih cepat tertangani dan tidak menutup-nutupi.

“Agar tidak menular ke warga yang lain. Dan Posko PPKM inilah yang akan melayani kebutuhan warga yang terindikasi terkena covid-19,” katanya.

Dodi menambahkan, posko-posko yang didirikan di lingkungan RW ini selalu dimonitoring camat beserta tiga pilar setiap pekannya.

Sementara itu, Kepala Desa Pondok Jaya Deri Dermawan mengatakan, ada beberapa aspek supaya penyebaran covid-19 bisa cepat tertangani.

Deri selalu menggaungkan dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas kegiatan di luar rumah.

“Agar warga ikut berperan aktif dalam melakukan ini. Saya berharap dengan didirikannya Pos PPKM tingkat RT/RW ini masyarakat Desa Pondok Jaya bisa cepat mendapatkan pertolongan dan tertangani. Agar penyakit ini tidak menyebar ke warga lainnya,” ujarnya. (did/set)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya