oleh

Polisi Tilang 353 Pengendara di Jalan Raya Serang

Paling Banyak Tak Pakai Helm

Tangerang7.com, Cikupa – Satlantas Polresta Tangerang memulai pelaksanaan Operasi Patuh Kalimaya 2019 di Jalan Raya Serang KM 22, Kawidaran, Cibadak, Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (29/8/2019). Alhasil, polisi menilang 353 pengendara.

Kasat Lantas Polresta Tangerang Kompol I Ketut Wardana mengatakan, pelanggar didominasi kendaraan sepeda motor, terutama pengendara atau penumpng tidak memakai helm. Kemudian, usia pengendara masih di bawah umur, melawan arus, serta pengemudi atau penumpang mobil tidak memakai sabuk keselamatan.

“Pelanggarannya macam-macam, mulai dari tidak menggunakan helm, melawan arus, melebihi kapasitas, hingga soal surat kendaraan dan izin mengemudi,” jelas Ketut.

Selain sanksi tilang, polisi memberikan teguran kepada 146 pengendara. Di antaranya pengendara dengan masa berlaku SIM dan STNK akan segera habis dan kondisi kendaraan kurang prima. Ketut mengatakan, Operasi Patuh Kalimaya akan terus digelar hingga 11 September 2019 mendatang. Lokasi operasi di jalan-jalan protokol dan titik rawan kecelakaan lalu lintas.

Operasi Patuh Kalimaya digelar untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan akan kepatuhan berlalu lintas. Melalui operasi ini, masyarakat diajak untuk patuh terhadap aturan lalu lintas seperti melengkapi diri dan kendaraan dengan surat resmi, mengenakan helm berstandar SNI, mengenakan sabuk keselamatan, tidak melawan arus, berkendara sesuai kapasitas kendaraan, serta pengendara tidak di bawah umur.

“Kami mengajak masyarakat pengguna jalan untuk mematuhi peraturan lalu lintas,” ucap Ketut.

Sementara itu, KBO Satlantas Polresta Tangerang Iptu I Made Artana mengatakan, di samping melakukan penindakan pelanggaran, polisi juga mengedukasi pengendara. Di mana, satgas preemtif menyampaikan imbauan tertib berlalu lintas agar pengendara dapat memahami pelanggaran yang dilakukan.

“Pelanggar juga akan memahami risiko serta bahaya yang akan dihadapi. Sehingga akan timbul kesadaran disiplin berlalu lintas dan mereka terhindar dari kecelakaan lalu lintas,” pungkas Made. (odo/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya