oleh

Polisi Bandara Tangkap Kawanan Pencuri Barang Kiriman

Tangerang7.com, Tangerang – Polisi mengungkap kasus pencurian barang-barang ekspor di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Jaringan pencurian barang garmen ekspor berhasil diringkus. Ada lima tersangka yang ditangkap dalam kasus ini.

Kapolresta Bandara Soetta Kombes Victor Togi Tambunan menyebutkan, lima tersangka yang diamankan yakni berinisial W, AS, YS, AF, dan S. Para pelaku diringkus setelah melakukan pencurian barang ekspor berupa bahan pakaian milik PT Daedong Internasional.

“Barang yang dicuri sebanyak 993 piece atau kurang lebih 440 kilogram bahan garmen,” kata Victor di Mapolres Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (22/02/2019).

Victor menjelaskan, pencurian tersebut bermula ketika PT Daedong Internasional hendak mengirim barang sebanyak 2,2 ton menuju Bandara Soetta bekerja sama dengan PT Trans Utama Indokarya yang merupakan sebuah perusahaan forwarder.

Karena tak memiliki armada pengangkut, perusahaan jasa pengiriman ini kemudian menghubungi pelaku AF dan meminta disediakan kendaraan pengangkut. Saat diminta menyediakan kendaraan, AF pun menghubungi AS dan W selaku pemilik kendaraan.

Pelaku S dan YS kemudian berperan menjadi sopir yang akan mengantarkan barang garmen tersebut dari Ciawi, Jawa Barat menuju bandara. Di tengah perjalanan, AS menghubungi S dan YS untuk membelokkan kendaraannya ke daerah Cilebut, Bogor.

Sesampainya di daerah Cilebut, para pelaku mengeluarkan barang garmen yang berada di dalam beberapa kardus sebanyak 993 piece. Sedangkan sisanya diantar ke bandara.

“Saat barang tersebut sampai ke penerimanya di Korea, barulah muncul komplain dan dilakukan pelaporan ke Polres Bandara. Kemudian kami lakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku pencurian ini,” kata Victor.

Para tersangka mengaku barang hasil curiannya itu dijual seharga Rp45 juta ke seorang penadah. Polisi menjerat pelaku dengan pasal 363 KUHP ayat 1 dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (t7)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya